• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Perilaku Konsumen Tapai di Kabupaten Bondowoso

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_isvan_1.pdf (330.1Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Isvan Hari Fadillah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tapai merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Kabupaten Bondowoso. Tapai Bondowoso memiliki rasa yang sangat nikmat, manis, legit dan kesat jika dibandingkan dengan tapai yang berasal dari daerah lain di luar Bondowoso, sehingga tapai Bondowoso merupakan salah satu makanan favorit yang dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Bondowoso. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen tapai di Kabupaten Bondowoso, (2) mengetahui perilaku konsumen tapai di Kabupaten Bondowoso, dan (3) mengetahui hubungan antara tingkat pendapatan konsumen tapai terhadap jumlah pembelian. Penentuan daerah penelitian menggunakan purposive method. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, korelasional dan komparatif. Metode pengambilan contoh menggunakan convinience sampling. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah (1) analisis faktor, (2) metode deskriptif, dan (3) analisis chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian tapai Bondowoso ada 4 (empat) faktor yaitu (a) faktor atribut produk yang terdiri dari variabel mutu, kemasan, merek, nama toko, sarana pendukung, (b) faktor pribadi promosi dan harga yang terdiri dari variabel usia, harga produk, informasi, (c) faktor lokasi dan keluarga yang terdiri variabel keluarga, persepsi, jarak rumah, transportasi serta (d) faktor psikologi yang terdiri dari variabel pembelajaran dan pengetahuan (2) Perilaku konsumen dalam jumlah pembelian tapai secara kuantitas yaitu konsumen cenderung membeli dalam tingkat sedang (1-3 besek). Frekuensi pembelian yang dilakukan konsumen dalam pembelian tapai adalah tidak pasti per bulan. Perilaku konsumen yang menilai persepsi tapai Bondowoso yaitu tapai Bondowoso dinilai bagus oleh konsumen dan (3) terdapat hubungan yang nyata antara tingkat pendapatan konsumen terhadap jumlah pembelian tapai Bondowoso
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7423
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository