PENGARUH VARIABEL - VARIABEL KUALITASPELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA UNIT PERTOKOAN PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA UNIVERSITAS NEGERI JEMBER
Abstract
KPRI Universitas Jember ialah bentuk koperasi yang memiliki tujuan
untuk mensejahterakan anggotanya. KPRI Universitas Jember memiliki tiga unit
usaha yaitu unit usaha simpan pinjam, unit usaha pertokoan dan unit usaha jasa.
Batasan penelitian dalam penelitian ini adalah hanya membahas tentang unit
pertokoan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini ialah
penelitian empirik menggunakan data primer dengan penyebaran kuesioner dan
juga menggunakan data sekunder dari data perusahaan.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh variabel-variabel kualitas
pelayanan terhadap kepuasan anggota unit pertokoan pada KPRI Universitas
Jember. Metode pengambilan sampel tersebut menggunakan metode Purpossive
sampling, yaitu teknik ini dikenal sebagai teknik penilaian penarikan
sampel purposif ini dilakukan dengan memilih sampel dari suatu populasi
berdasarkan informasi yang tersedia serta sesuai dengan penelitian yang sedang
berjalan dengan teknik accidental sampling yang secara kebetulan bertemu dengan
peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dianggap cocok sebagai sumber data
sehingga perwakilannya terhadap populasi dapat dipertanggungjawabkan. Dalam
penelitian ini telah diketahui bahwa populasi sebanyak 2461 selama satu tahun
terakhir yang sudah merasakan pelayanan dari KPRI Universitas Jember. Sebagai
gambaran sampel yang diambil dalam penelitian ini, maka peneliti menggunakan
rumus sample linier time function dimana dari hasil rumus tersebut diketahui
jumlah sampel sebanyak 97 anggota. Penelitian ini diambil dengan berdasar
beberapa pertimbangan sampel dengan berdasar penilaian tertentu.
Penelitian dilakukan di unit pertokoan KPRI Universitas Jember. Data
yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus analisis regresi
linier berganda dengan bantuan program SPSS melalui uji F test
Hasil uji t menyebutkan variabel daya tanggap, keandalan, jaminan,
empati, dan bukti fisik memiliki t hitung lebih besar dari t tabel, sehingga daya
tanggap
2