PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRATEGI BERSAING SEBAGAI PEMODERASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital terhadap nilai perusahaan dan pengaruh strategi bersaing dalam meningkatkan atau menurunkan hubungan intellectual capital dan nilai perusahaan. Intellectual capital dalam penelitian ini diukur menggunakan metode VAIC™ yang dikembangkan oleh Pulic. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 62 perusahaan yang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012 – 2014 dan memiliki karateristik high-IC intensive. Ukuran sampel diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Sedangkan metode penentuan sampelnya menggunakan metode stratified random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier. Hasil analisis menunjukkan bahwa intellectual capital berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan strategi bersaing terbukti mempengaruhi (memperlemah) hubungan antara intellectual capital terhadap nilai perusahaan.