Show simple item record

dc.contributor.advisorHariyadi, Slamet
dc.contributor.advisorPrihatin, Jekti
dc.contributor.authorYANTI, Yulia Ika
dc.date.accessioned2016-05-19T04:54:45Z
dc.date.available2016-05-19T04:54:45Z
dc.date.issued2016-05-19
dc.identifier.nim000210103066
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74177
dc.description.abstractSistem belajar Family and Community-Based School Education (FCBS£) merupakan sistem belajar yang menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh siswa dalam keluarga dan masyara.kat sebagai dasar untuk memperoleh pengetahuan di sekolah. Sistem ini merupakan penerapan konsep keterpaduan antara pendidikan sekolah, masyarakat dan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem belajar FCBSE terhadap hasil belajar biologi sub konsep keanekaragaman hewan kelas I semester 2 di SMP Negeri l Banyuputih Situbondo dan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran biologi denf,ran menggunakan sistem belajar FCBSE. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas I semester 2 di SMP Negeri I banyuputih Situbondo dan ditentukan dengan uji homogenitas nilai ulangan harian pada konsep sebelwnnya dan dilakukan pengundian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Sedangkan data hasil belajar untuk aspek kognitif diperoleh dengan cara test. Data dianalisis menggunakan t-test dan dihitung efektivitas relatif dari hasil belajar biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh sistem belajar FCBSE terhadap hasil belajar biologi sub konsep keanekaragaman hewan kelas l semester 2 di SMP Negeri I Banyuputih Situbondo ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomototrik. Rata-rata nilai kelas FCBSE ditinjau dari aspek kognitif 64,75 ± 9,81 dan kelas konvensional 54,92 ± 17,73, dari aspek afekiif rata-rata nilai keias FCBSE 76 ± 7,91 dan kelas konvensional 71 ,05 ± 7,97 dan dari aspek psikomotorik rata-rata nilai kelas FCBSE 76,16 ± 7,44 dan kelas konvensional ,71,1 8 ± 5,6 1. Nilai efektivitas relatif kelas FCBSE ditinjau dari aspek kognitif adalah 17,9%, ditinjau dari aspek afektif 6,97% dan ditinjau dari aspek psikomotorik 7%.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectSistem belajar Family and Community-Based School Education (FCBSE)en_US
dc.subjectHasil belajaren_US
dc.titlePengaruh sistem belajar "Family and community-based school education" terhadap hasil belajar biologi sub konsep keanekaragaman hewan kelas I semester 2 di SMP Negeri 1 Banyuputih Situbondoen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record