• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh sistem belajar "Family and community-based school education" terhadap hasil belajar biologi sub konsep keanekaragaman hewan kelas I semester 2 di SMP Negeri 1 Banyuputih Situbondo

    Thumbnail
    View/Open
    Yulia Ika Yanti 000210103066_.pdf (30.14Mb)
    Date
    2016-05-19
    Author
    YANTI, Yulia Ika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sistem belajar Family and Community-Based School Education (FCBS£) merupakan sistem belajar yang menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang telah diperoleh siswa dalam keluarga dan masyara.kat sebagai dasar untuk memperoleh pengetahuan di sekolah. Sistem ini merupakan penerapan konsep keterpaduan antara pendidikan sekolah, masyarakat dan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem belajar FCBSE terhadap hasil belajar biologi sub konsep keanekaragaman hewan kelas I semester 2 di SMP Negeri l Banyuputih Situbondo dan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran biologi denf,ran menggunakan sistem belajar FCBSE. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas I semester 2 di SMP Negeri I banyuputih Situbondo dan ditentukan dengan uji homogenitas nilai ulangan harian pada konsep sebelwnnya dan dilakukan pengundian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Sedangkan data hasil belajar untuk aspek kognitif diperoleh dengan cara test. Data dianalisis menggunakan t-test dan dihitung efektivitas relatif dari hasil belajar biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh sistem belajar FCBSE terhadap hasil belajar biologi sub konsep keanekaragaman hewan kelas l semester 2 di SMP Negeri I Banyuputih Situbondo ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomototrik. Rata-rata nilai kelas FCBSE ditinjau dari aspek kognitif 64,75 ± 9,81 dan kelas konvensional 54,92 ± 17,73, dari aspek afekiif rata-rata nilai keias FCBSE 76 ± 7,91 dan kelas konvensional 71 ,05 ± 7,97 dan dari aspek psikomotorik rata-rata nilai kelas FCBSE 76,16 ± 7,44 dan kelas konvensional ,71,1 8 ± 5,6 1. Nilai efektivitas relatif kelas FCBSE ditinjau dari aspek kognitif adalah 17,9%, ditinjau dari aspek afektif 6,97% dan ditinjau dari aspek psikomotorik 7%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74177
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository