Pengaruh penggunaan metode diskusi berjenjang dengan aplikasi media VCD terhadap motivasi belajar siswa (Pokok bahasan ekosistem kelas 1 semester 2 SMA negeri 2 Jember)
Abstract
Pembelajaran biologi di SMA memerlukan inovasi metode panbelajaran
clan media pembelajaran, agar dapat meningkakran motivasi belajar siswa guna
meraih presaasi belajar yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui: (1) pengaruh penggunaan metode diskusi berjenjang dengan aplikasi
media VCD terhadap motivasi belajar siswa, (2) pengaruh motivasi belajar
terhadap basil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mel 2005 di
SMAN 2 Jember, yaitu kelas I, sebagai kelas eksperimen dan kelas I6 sebagai kelas control.Penentuan kelas ini melalui uji homogenitas menggunakan Anova
dengan tanf signifikansi 5%. Di kelas ekperimen ditcerapkan metode diskusi
berjenjang dengan aplikasi media VCD, sedangkan di kelas kontrol digunakan
metode ceramah dan tanyajawab dengan bantuan media charta.