Show simple item record

dc.contributor.authorRISKA PRASETYANI
dc.date.accessioned2013-12-10T04:39:36Z
dc.date.available2013-12-10T04:39:36Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210204240
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7408
dc.description.abstractPenel it ian ini dil akukan karena adanya masalah-masal ah dalam proses bela jar mengajar dalam su atu ke las khususnya di SD Negeri Sidomul yo 02 Kecamatan Sembo ro Kabupa ten Jember. Si swa kelas V SDN Sidomulyo 02 masih memil iki aktivit as d an hasil belajar IPA yang rendah yan g disebabkan karena dalam proses pembelajaran siswa cende rung t idak memperhati kan penj elasan guru, ser ta guru dalam memberi kan mat eri masih murni menggunakan metode ceramah. Untuk mengatasi ma salah tersebut guru dapat menggunakan metode yang bervar iasi yang sesuai dengan mater i maupun kar akter ist ik s iswa. Rumusan masal ah peneli tian ini adalah : (1) bagaimanakah peni ngkatan aktivit as sis wa selama proses pembelajaran IPA dengan menggunakan metode ksperimen pada sis wa kel as V SDN sid omul yo 02 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember; ( 2) bagaimanakah pen in gkatan h asi l bela jar IPA menggun akan me tode eksperimen pada sis wa kel as V SDN Sidomulyo 02 Kec ama tan Sembo ro Kabupaten Jember. Tujuan dari pen elit ian ini yaitu untuk meni ngkatkan aktivit as dan hasil be lajar si swa ke las V SD Negeri Sidomulyo 02 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember. Pene lit ian ini menggunakan metode ekspe rimen at au per cobaan. Met ode eksperimen merupakan salah satu pembelaj aran yan g memberikan kesempatan ke pad a s iswa untuk mengal ami sendiri , me ngi kuti suatu proses, mengamati su at u objek, mengana lisis, membukti kan dan me nari k kesimpulan sendi ri t ent an g objek dan keadaan atau pros es tertentu Kesi mpula n dari hasi l peneli tian ini adalah pener ap an metode eksperimen dapat meningkatkan akti vi tas dan hasi l bel aj ar siswa. Pe ningkat an aktivi tas dan hasi l bela jar dapat dil ih at p ada ti ap si kl usnya. Aktivit as be lajar siswa pad a si klus I ter dapat s iswa yan g s an gat akt if 1 2,5%, s iswa akti f 58,33% dan siswa yang cukup aktif 29 ,17%, sedangkan pada siklus II akti vi tas bel ajar si swa sangat aktif 37,5%, siswa akt if 45,83% dan siswa yang cukup akti f 16,67%. Dan hasi l be lajar pada si klu s I te rdapat daya serap klasi kal s ebesar 70,04 % dengan ketuntasan belaj ar s ecara klasi kal 58 ,33%, sedangakan pada siklus II dat a se rap klasikal sebesar 80,42 % dengan ke tuntasan has il belaj ar secara klasikal 80,33%. Hal-hal yang di sarankan dalam penelit ian ini antara l ai n : (1) pe mbel ajaran IPA dengan men ggunakan metode e ksperimen at au percobaan dap at dijadi kan sebagai salah satu alternati f pe mbel aj aran IPA, karena dapat membuat siswa tertari k dan senang dalam mengikuti kegiatan be lajar mengaj ar yang disebab kan siswa dapat mengalami s end iri sehingga memberikan pen galaman bagi s iswa s ehingga membuat si swa mer as a senan g dan t idak mudah bo san unt uk be lajar; ( 2) dalam pembelajaran IPA t idak semua mat eri dapat di te rapkan dengan menggunakan metode eksperimen, sehingga dalam menerapkan met ode e ksperi men per lu dis esuai kan dengan materi yan g diaj arkan; (3) dal am me laks anakan ke giat an bel aj ar men gaj ar hendaknya menggunakan metode yang t epat agar si swa yang mengikuti proses bela jar memperoleh h asil belajar yang maksi mal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204240;
dc.subjectAktivi tas dan Hasil Belajar, Metode Eksperimenen_US
dc.titlePENI NGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PESAWAT SEDERHANA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI SD NEGERI SI DOMULYO 02 KECAMATAN SEMBORO KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record