dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui
pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial dan
perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Data-data yang
digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh mahasiswa yang masih aktif S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi
Universitas Jember angkatan 2011 berjumlah 164 mahasiswa. Besar sampel
ditentukan dengan rumus slovin sebesar 62 mahasiswa dengan menggunakan
teknik random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji f diketahui Fhitung (41.284) >
Ftabel (2.53) sehingga Ho ditolak atau Ha diterima. Hal ini berarti varitabel
Kecerdasan Emosional(X1), Kecerdasan Spiritual (X2), Kecerdasan Sosial (X3)
dan Perilaku Belajar (X4) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap
Pemahaman Akuntansi (Y). Sementara berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung
Kecerdasan Emosional (2.092), Kecerdasan Spiritual (2.174), Kecerdasan Sosial
(2.633), Perilaku Belajar (2.640) > ttabel (2.00247) sehingga Ho ditolak dan Ha
diterima berarti secara parsial Kecerdasan Emosional (X1), Kecerdasan Spiritual
(X2), Kecerdasan Sosial (X3) dan Perilaku Belajar (X4) terhadap Pemahaman
Akuntansi (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang
positif dan signifikan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan
sosial dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi baik secara simultan
ataupun parsial. | en_US |