Efisiensi pemasaran dan prospek usaha telur ayam ras (Studi kasus di desa Balungkulon kecamatan Balung kabupaten Jember)
Abstract
Telur Ayam Ras merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat
dibutuhkan oleh manusia sebagai pemenuhan gizi. Desa Balungkulon merupakan
sentra produksi telur ayam ras yang menduduki peringkat kedua di Kabupaten
Jembcr. Petemakan ayam ras petelur sangat potensial untuk dikembangkan di
Kabupaten Jembcr khususnya di Desa Balungkulon, karena di desa ini memiliki
iklim yang cocok bagi pengembangan usuha peternakan ayam cas petelur. Di Desa
Balungkulon pemasaran telur ayam ras sudah meluas hingga ke beberapa kecamatan
disekitarnya. Harga telur ayam ras sangat berfluktuasi sehingga memerlukan suatu
penangan permasaran yang lebih serius.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (I) saluran pemasaran telur
ayam ras di Desa Balungkulon; (2) Efisiensi pemasaran telur ayam ras; (3) pengaruh
harga ditingkat pengecer tcrhadap besarnya marjin pemasaran; (4) efisiensi
pcnggunaan biaya produksi oleh peternak ayam ras petelur; (5) prospek usaila
petemakan ayam ras petelur.
Metode pcnelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalab metode
diskriptif komparatif korelasional. Alat analisis yang digunakan adalah analisis
efisiensi pemasaran dan analisis marjin pemasaran, uji-t, analisis R/C ratio, seeta
analisis SWOT.
Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat tiga saluran
pcmasaran di Dcsa Balungkulon diantaranya adalah saluran pemasaran I yang terdiri
dari peternak dan konsumen, saluran pemasaran IT yang terdiri dari petemak,
pedagang pengecer dan konsumen, saluran pemasaran ini yang terdiri dari petemak,
pedagang pengumpul, pedagang pengecer dan konsumen. Ketiga saluran pemasaran
yang ada di Desa Balungkulon adalah efisien, harga ditingkat pengecer berpengaruh
nyata terbadap besamya marjin pcmasaran, penggunaan biaya produksi oleh
petemak ayam ras petelur adalahefisien.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]