PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pasar Siswa Kelas X.C MAN Jember 1 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012)
Abstract
Berdasarkan  hasil  observasi  dan  wawancara  kepada  guru  ekonomi  dan  siswa 
kelas  X.C  MAN  Jember  1  ditemukan  adanya  permasalahan  yaitu  guru  kurang 
bervariasi  dalam  proses  pembelajaran.  Aktivitas    belajar  siswa  kelas  X.C  cenderung 
rendah  pada  saat  proses  pembelajaran,  data  hasil  dari  observasi  awal  menunjukkan 
skor  rata-rata  aktivitas    belajar  siswa  sebesar  42,47  yang  masih  tergolong  dalam 
kategori  rendah,  serta  hasil  belajar  siswa  kelas  X.C  masih  tergolong  rendah 
dibandingkan dengan kelas-kelas yang lain yaitu nilai rata-rata sebesar 36,97 dari  41 
siswa. Permasalahan-permasalahan tersebut perlu dicarikan solusinya, salah satu cara 
untuk  mengatasi  permasalahan  dalam  proses  pembelajaran  yaitu  dengan  pemilihan 
model  pembelajaran  yang  tepat.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah:  (1)  Untuk 
menjelaskan  penerapan  pendekatan  Open-Ended  dapat  meningkatkan  aktivitas  dan 
hasil  belajar  siswa  kelas  X.C  di  MAN  Jember  1  tahun  ajaran  2011/2012  pada  mata 
pelajaran Ekonomi  materi  pasar, (2) Untuk meningkatkan aktivitas  belajar dan  hasil 
belajar  siswa  kelas  X.C  di  MAN  Jember  1  tahun  ajaran  2011/2012  pada  mata 
pelajaran Ekonomi materi pasar. 
Salah  satu  pendekatan  pembelajaran  yang  sesuai  untuk  mengatasi 
permasalahan  tersebut  adalah  pendekatan  Open-Ended.  Pendekatan  Open-Ended 
berfokus  pada  hubungan  di  dalam  lingkungan  kelas,  yaitu  diskusi  yang  membuat 
interaksi  antar  siswa  dengan  siswa  yang  di  satukan  dalam  suatu  kelompok  bisa  baik 
sehingga    memudahkan  proses  belajar  mengajar.  Diskusi  dalam  pendekatan  Open-
Ended  ini agar  siswa  mampu  berdiskusi,  berkomunikasi dengan  baik agar kelompok 
bisa  menjawab  pertanyaan  yang  diberikan  guru  dengan  beberapa  jawaban. 
Pendekatan  Open-Ended  merupakan  pendekatan  pembelajaran  yang  tepat  untuk 
meningkatkan  aktivitas  belajar  dan  hasil  belajar  siswa  yang  diinginkan,  karena pendekatan  Open-Ended  merupakan  cara,  petunjuk  yang  dapat  mempertajam  daya 
ingat  serta  membuat  belajar  sebagai  suatu  proses  yang  menyenangkan  dan 
bermanfaat. 
Penentuan  subyek  penelitian  menggunakan  metode  populasi  yaitu  seluruh 
siswa  kelas  X.C  semester  ganjil  di  MAN  Jember  1  sebanyak  41  siswa,  dengan 
berdasarkan atas permasalahan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini 
dilaksanakan  dimulai  dari  tanggal  17  –  24  November  2011,  pada  hari  Kamis  pukul 
08.30-10.00.  Sumber  data  yang  akan  diperoleh  dari  penelitian  ini  yaitu  sumber  data 
primer.  Data  primer  diperoleh  selama  proses  tindakan  berlangsung.  Metode 
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, wawancara, dan 
dokumen.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas  yang  terdiri  dari  dua 
siklus  dimana  pada  setiap  siklusnya  terdiri  dari  satu  kali  pertemuan.  Siklus  II 
dilaksanakan  jika  pada  siklus  I  hasil  dari  penelitian  belum  mencapai  target  yang 
diinginkan.  Adapun  jenis  penelitian  yang  dilakukan  adalah  penelitian  tindakan  kelas 
dengan  menggunakan  analisis  data  deskriptif  kualitatif  yaitu  memaparkan  data  yang 
diperoleh dari hasil pelaksanaan penelitian.  
Hasil  dari  analisis  data  dan  pembahasan  diperoleh  kesimpulan  yaitu  (1) 
dengan menerapkan pendekatan Open-Ended aktivitas  belajar siswa pada siswa kelas 
X.C MAN Jember 1 mata pelajaran ekonomi materi pasar semester ganjil 2011/2012 
mengalami  peningkatan  yaitu  dengan  skor  rata-rata  aktivitas  belajar  siswa  sebesar 
65,41 yang termasuk dalam kategori aktif, (2) dengan menerapkan pendekatan Open-
Ended  hasil  belajar  siswa  pada  siswa    kelas  X.C  MAN  Jember  1  mata  pelajaran 
ekonomi  materi  pasar  semester  ganjil  2011/2012  mengalami  peningkatan  yaitu  nilai 
rata-rata sebesar 87,80 dari 41 siswa.