PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pasar Siswa Kelas X.C MAN Jember 1 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada guru ekonomi dan siswa
kelas X.C MAN Jember 1 ditemukan adanya permasalahan yaitu guru kurang
bervariasi dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa kelas X.C cenderung
rendah pada saat proses pembelajaran, data hasil dari observasi awal menunjukkan
skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 42,47 yang masih tergolong dalam
kategori rendah, serta hasil belajar siswa kelas X.C masih tergolong rendah
dibandingkan dengan kelas-kelas yang lain yaitu nilai rata-rata sebesar 36,97 dari 41
siswa. Permasalahan-permasalahan tersebut perlu dicarikan solusinya, salah satu cara
untuk mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu dengan pemilihan
model pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk
menjelaskan penerapan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas X.C di MAN Jember 1 tahun ajaran 2011/2012 pada mata
pelajaran Ekonomi materi pasar, (2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil
belajar siswa kelas X.C di MAN Jember 1 tahun ajaran 2011/2012 pada mata
pelajaran Ekonomi materi pasar.
Salah satu pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi
permasalahan tersebut adalah pendekatan Open-Ended. Pendekatan Open-Ended
berfokus pada hubungan di dalam lingkungan kelas, yaitu diskusi yang membuat
interaksi antar siswa dengan siswa yang di satukan dalam suatu kelompok bisa baik
sehingga memudahkan proses belajar mengajar. Diskusi dalam pendekatan Open-
Ended ini agar siswa mampu berdiskusi, berkomunikasi dengan baik agar kelompok
bisa menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan beberapa jawaban.
Pendekatan Open-Ended merupakan pendekatan pembelajaran yang tepat untuk
meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang diinginkan, karena pendekatan Open-Ended merupakan cara, petunjuk yang dapat mempertajam daya
ingat serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan
bermanfaat.
Penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi yaitu seluruh
siswa kelas X.C semester ganjil di MAN Jember 1 sebanyak 41 siswa, dengan
berdasarkan atas permasalahan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini
dilaksanakan dimulai dari tanggal 17 – 24 November 2011, pada hari Kamis pukul
08.30-10.00. Sumber data yang akan diperoleh dari penelitian ini yaitu sumber data
primer. Data primer diperoleh selama proses tindakan berlangsung. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, wawancara, dan
dokumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua
siklus dimana pada setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Siklus II
dilaksanakan jika pada siklus I hasil dari penelitian belum mencapai target yang
diinginkan. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas
dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang
diperoleh dari hasil pelaksanaan penelitian.
Hasil dari analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu (1)
dengan menerapkan pendekatan Open-Ended aktivitas belajar siswa pada siswa kelas
X.C MAN Jember 1 mata pelajaran ekonomi materi pasar semester ganjil 2011/2012
mengalami peningkatan yaitu dengan skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar
65,41 yang termasuk dalam kategori aktif, (2) dengan menerapkan pendekatan Open-
Ended hasil belajar siswa pada siswa kelas X.C MAN Jember 1 mata pelajaran
ekonomi materi pasar semester ganjil 2011/2012 mengalami peningkatan yaitu nilai
rata-rata sebesar 87,80 dari 41 siswa.