dc.description.abstract | Pada era yang serba maju dan modern, kecanggihan teknologi menyebabkan pembelajaran yang awalnya berjalan satu arah,
dimana guru dan siswa saling bertemu dan berkomunikasi di dalam kelas, dapat dilaksanakan melalui bantuan teknologi.informasi .
Seiring dengan perkembangan informasi, dimana buku dan guru yang awalnya sebagai sumber belajar utama, saat ini sudah mulai
mengalami perkembangan dimana sumber belajar yang berasal dari internet sudah mulai sering dimanfaatkan dalam proses belajar
mengajar. Mobile larning didefinisikan sebagai perangkat mobile yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar. Mata kuliah
gelombang sendiri merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi pendidikan fisika
semester 3. Mata kuliah ini menekankan pada konsep gelombang yang ditinjau secara matematis dan fenomenanya yang terjadi
dalam kehidupan sehari-hari. Mobile learning yang dikembangkan dalam penelitian ini berbentuk bahan ajar elektronik pada mata
kuliah gelombang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar elektronik dalam bentuk mobile learning.
Adapun sampel dari penelitian ini adalah 80 mahasiswa semester 3 yang sedang menempuh mata kuliah gelombang. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa mobile learning yang sudah dikembangkan memiliki score 3.8 dan termasuk dalam criteria valid. | en_US |