TRANSFORMATIVE LEARNING PADA KELOMPOK PENGAJIAN AZ-ZAHRA YANG BERLATAR BUDAYA JAWA MADURA DI PERUMAHAN TEGAL BESAR PERMAI I KABUPATEN JEMBER
Abstract
Pengajian merupakan salah satu bentuk program pendidikan non formal yang
banyak diselenggarakan oleh masyarakat. Pengajian dilaksanakan untuk menambah
pengetahuan agama, meningkatkan iman, memperbaiki sikap dan mengoko hkan
kepribadian. Oleh karena itu dalam pembelajarannya diharapkan terjadi suatu
perubahan pada diri peserta pengajian. Sebagaian besar peserta didiknya adalah ibu ibu
yang berlatar budaya Jawa Madura yang sebagaian masih percaya pada tradisi
klenik dan mitos. Oleh karena itu melalui pembelajaran transformatif diharapkan
terjadi perubahan yang mendasar pada anggota kelompok pengajian. Tulisan ini
merupakan hasil penelitian bertujuan untuk mengetahui : (1) gambaran pelaksanaan
transformative learning pada kelompok pengajian Az-Zahra, (2) masalah yang
dihadapi peserta pengajian Az-Zahra dan perlu diatasi dengan pembelajaran
transformatif, (3) perubahan yang didapatkan peserta pengajian Az-Zahra setelah
memperoleh pembelajaran transformatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan tradisi studi kasus. Teknik yang digunakan untuk menentukan
informan adalah Snowball Sampling Technique. Subjek penelitian adalah Pengurus
pengajian, Ustadzah, peserta pengajian. Pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Temuan yang diperoleh dari hasil
Penelitian ini adalah: 1) gambaran pelaksanaan transformative learning pada
kelompok pengajian Az-Zahra diawali pendidik dengan menyampaikan tausiyah
disertai dalil Al-Qur’an dan Al-Hadist serta memberikan sedikit doktrin agama agar
dapat menciptakan kepatuhan mutlak pada anggota .Selanjutnya ketika ada waktu
berkunjung ke anggota dengan tujuan bersilaturahmi juga melakukan pendekatan
kepada anggota agar apa yang disampaikan tidak hanya sekedar dialog tanya jawab
tetapi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikutnya dengan memberikan
bulletin setiap bulan dan memberikan konseling di rumah jika ada peserta pengajian
mempunyai masalah yang tidak bisa disampaikan dalam forum pengajian.2) Masalahmasalah
yang dihadapi peserta pengajian Az-Zahra adalah a. belum mempunyai
kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.; b. latar belakang budaya
yang berpengaruh pada tata kehidupan anggota pengajian . 3) Perubahan yang
didapatkan peserta pengajian Az-Zahra adalah : a. memahami arti pentingnya belajar
membaca Al-Qur’an; 2) dapat mempertebal dan memperkokoh iman para anggota.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7356]