Show simple item record

dc.contributor.authorAlviyan, Dedy
dc.date.accessioned2016-02-23T02:00:34Z
dc.date.available2016-02-23T02:00:34Z
dc.date.issued2016-02-23
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73542
dc.description.abstractHasil belajar yang baik harus didukung oleh pembelajaran yang berkualitas, yaitu bagaimana mengembangkan rasa ingin tahu dan daya berpikir kritis terhadap suatu masalah. Pembelajaran yang mampu melibatkan keaktifan dan daya kreatifitas siswa didukung oleh suasana belajar yang menyenangkan dan penataan lingkungan di dalam kelas. Oleh sebab itu, perlu dipilih suatu model pembelajaran yang mampu mengembangkan rasa ingin tahu, aktif, kreatif, suasana kondusif dan menyenangkan. Model pembelajaran yang tepat untuk memungkinkan siswa belajar secara optimal dan mengembangkan kreativitas adalah model pembelajaran Quantum Teaching. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kepatihan 06 Jember. Penelitian ini dilakukan di SDN Kepatihan 06 Jember sejak tanggal 3 Agustus sampai dengan tanggal 17 Oktober 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu atau quasi experimental dengan pola Non Equivalent Control Group atau Non-Randomized Control Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Kepatihan 06 Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan populasi homogen atau tidak homogen. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga 𝑡0 = 1,849, kemudian harga 𝑡0 tersebut dibandingkan dengan harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan 𝑑𝑏 = 77 pada x taraf signifikansi 5%. Nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan 𝑑𝑏 = 77 memiliki harga 1,994. Hasil tersebut membuktikan bahwa populasi homogen. Selanjutnya dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHINGen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN SISWA KELAS IV SDN KEPATIHAN 06 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record