• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN SISWA KELAS IV SDN KEPATIHAN 06 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    120210204134--Dedy Alviyan-1-46.pdf (254.9Kb)
    Date
    2016-02-23
    Author
    Alviyan, Dedy
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil belajar yang baik harus didukung oleh pembelajaran yang berkualitas, yaitu bagaimana mengembangkan rasa ingin tahu dan daya berpikir kritis terhadap suatu masalah. Pembelajaran yang mampu melibatkan keaktifan dan daya kreatifitas siswa didukung oleh suasana belajar yang menyenangkan dan penataan lingkungan di dalam kelas. Oleh sebab itu, perlu dipilih suatu model pembelajaran yang mampu mengembangkan rasa ingin tahu, aktif, kreatif, suasana kondusif dan menyenangkan. Model pembelajaran yang tepat untuk memungkinkan siswa belajar secara optimal dan mengembangkan kreativitas adalah model pembelajaran Quantum Teaching. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kepatihan 06 Jember. Penelitian ini dilakukan di SDN Kepatihan 06 Jember sejak tanggal 3 Agustus sampai dengan tanggal 17 Oktober 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu atau quasi experimental dengan pola Non Equivalent Control Group atau Non-Randomized Control Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Kepatihan 06 Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan populasi homogen atau tidak homogen. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga 𝑡0 = 1,849, kemudian harga 𝑡0 tersebut dibandingkan dengan harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan 𝑑𝑏 = 77 pada x taraf signifikansi 5%. Nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan 𝑑𝑏 = 77 memiliki harga 1,994. Hasil tersebut membuktikan bahwa populasi homogen. Selanjutnya dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73542
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1623]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository