PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN SISWA KELAS IV SDN KEPATIHAN 06 JEMBER
Abstract
Hasil belajar yang baik harus didukung oleh pembelajaran yang berkualitas,
yaitu bagaimana mengembangkan rasa ingin tahu dan daya berpikir kritis terhadap
suatu masalah. Pembelajaran yang mampu melibatkan keaktifan dan daya kreatifitas
siswa didukung oleh suasana belajar yang menyenangkan dan penataan lingkungan di
dalam kelas. Oleh sebab itu, perlu dipilih suatu model pembelajaran yang mampu
mengembangkan rasa ingin tahu, aktif, kreatif, suasana kondusif dan menyenangkan.
Model pembelajaran yang tepat untuk memungkinkan siswa belajar secara optimal
dan mengembangkan kreativitas adalah model pembelajaran Quantum Teaching.
Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah adanya pengaruh yang
signifikan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa
kelas IV SDN Kepatihan 06 Jember.
Penelitian ini dilakukan di SDN Kepatihan 06 Jember sejak tanggal 3 Agustus
sampai dengan tanggal 17 Oktober 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimental semu atau quasi experimental dengan pola Non Equivalent Control
Group atau Non-Randomized Control Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi
pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SDN Kepatihan 06
Jember. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan
uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan populasi homogen atau tidak
homogen. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga 𝑡0 = 1,849,
kemudian harga 𝑡0 tersebut dibandingkan dengan harga 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan 𝑑𝑏 = 77 pada
x
taraf signifikansi 5%. Nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan 𝑑𝑏 = 77 memiliki harga 1,994. Hasil
tersebut membuktikan bahwa populasi homogen. Selanjutnya dilakukan undian untuk
menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas IVB sebagai kelas
eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1548]