MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION) SISWA KELAS III SDN LENGKONG 04 JEMBER
Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah agar siswa mampu dan
terampil menggunakan matematika. Untuk mencapai tujuan pembelajaran
matematika, seorang guru harus dapat menciptakan kondisi dan situasi
pembelajaran yang memungkinkan siswa aktif membentuk, menemukan dan
mengembangkan kemampuannya. Berdasarkan hasil observasi awal di SDN
Lengkong 04 Jember berdasarkan wawancara dengan guru kelas pada hari Sabtu
tanggal 15 Agustus 2015 diketahui bahwa hasil belajar matematika materi
penjumlahan dan pengurangan uang siswa kelas III masih rendah. Salah satu
model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar
siswa adalah model pembelajaran ARIAS. Model Pembelajaran ARIAS memiliki
lima komponen, Assurance (percaya diri), Relevance (Relevansi), Interest
(Minat), Assessment (Evaluasi), Satisfaction (Kepuasan). Model pembelajaran
ARIAS dipilih untuk mengatasi permasalahan hasil belajar, dengan model
pembelajaran ini diharapkan siswa lebih mudah memahami penjumlahan dan
pengurangan uang.
Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah: (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment and
Satisfaction)?, (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada
pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan uang setelah
menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest,
Assessment and Satisfaction)?.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1564]