• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN UANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT AND SATISFACTION) SISWA KELAS III SDN LENGKONG 04 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    120210204103-1-41.pdf (197.5Kb)
    Date
    2016-02-23
    Author
    Suryani, Anik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah agar siswa mampu dan terampil menggunakan matematika. Untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika, seorang guru harus dapat menciptakan kondisi dan situasi pembelajaran yang memungkinkan siswa aktif membentuk, menemukan dan mengembangkan kemampuannya. Berdasarkan hasil observasi awal di SDN Lengkong 04 Jember berdasarkan wawancara dengan guru kelas pada hari Sabtu tanggal 15 Agustus 2015 diketahui bahwa hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan uang siswa kelas III masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran ARIAS. Model Pembelajaran ARIAS memiliki lima komponen, Assurance (percaya diri), Relevance (Relevansi), Interest (Minat), Assessment (Evaluasi), Satisfaction (Kepuasan). Model pembelajaran ARIAS dipilih untuk mengatasi permasalahan hasil belajar, dengan model pembelajaran ini diharapkan siswa lebih mudah memahami penjumlahan dan pengurangan uang. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction)?, (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan uang setelah menggunakan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment and Satisfaction)?.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73540
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1623]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository