Show simple item record

dc.contributor.authorPurnaningsih, Indah
dc.date.accessioned2016-02-23T01:52:05Z
dc.date.available2016-02-23T01:52:05Z
dc.date.issued2016-02-23
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73536
dc.description.abstractBerdasarkan refleksi awal yang dilakukan di SDN Gebang 01 Jember pada tanggal 4 Agustus 2015 menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V masih rendah. Hal tersebut tampak dari hasil wawancara dengan guru kelas V yang menunjukkan bahwa guru belum pernah melibatkan siswa dalam memecahkan soal melalui penyelidikan, sehingga siswa kurang memahami konsep secara matang. Sistem pembelajaran yang lebih menekankan pada latihan pengerjaan soal atau driil dan prosedural menyebabkan aktivitas siswa kurang optimal untuk meningkatkan pengembangan kemampuannya. Selain itu, berdasarkan hasil dokumentasi nilai yang diambil dari siswa kelas IV semester 2 Tahun Ajaran 2014/2015 menunjukkan bahwa dari 44 siswa, sebanyak 63,64% mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan, yaitu 70. Berdasarkan permasalahan di atas, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Gebang 01 Jember. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: a) bagaimanakah penerapan model Problem Based Learning yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pokok bahasan jarak, waktu, dan kecepatan pada siswa kelas V di SDN Gebang 01 Jember?; b) bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa melalui model Problem Based Learning pokok bahasan jarak, waktu, dan kecepatan pada siswa kelas V di SDN Gebang 01 Jember?; c) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning pokok bahasan jarak, waktu, dan kecepatan pada siswa kelas V di SDN Gebang 01 Jember?.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNINGen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING POKOK BAHASAN JARAK, WAKTU, DAN KECEPATAN SISWA KELAS V SDN GEBANG 01 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record