• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Nursing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING POKOK BAHASAN JARAK, WAKTU, DAN KECEPATAN SISWA KELAS V SDN GEBANG 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    120210204067--Indah Purnaningsih-1-55.pdf (248.7Kb)
    Date
    2016-02-23
    Author
    Purnaningsih, Indah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan refleksi awal yang dilakukan di SDN Gebang 01 Jember pada tanggal 4 Agustus 2015 menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V masih rendah. Hal tersebut tampak dari hasil wawancara dengan guru kelas V yang menunjukkan bahwa guru belum pernah melibatkan siswa dalam memecahkan soal melalui penyelidikan, sehingga siswa kurang memahami konsep secara matang. Sistem pembelajaran yang lebih menekankan pada latihan pengerjaan soal atau driil dan prosedural menyebabkan aktivitas siswa kurang optimal untuk meningkatkan pengembangan kemampuannya. Selain itu, berdasarkan hasil dokumentasi nilai yang diambil dari siswa kelas IV semester 2 Tahun Ajaran 2014/2015 menunjukkan bahwa dari 44 siswa, sebanyak 63,64% mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan, yaitu 70. Berdasarkan permasalahan di atas, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SDN Gebang 01 Jember. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: a) bagaimanakah penerapan model Problem Based Learning yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pokok bahasan jarak, waktu, dan kecepatan pada siswa kelas V di SDN Gebang 01 Jember?; b) bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa melalui model Problem Based Learning pokok bahasan jarak, waktu, dan kecepatan pada siswa kelas V di SDN Gebang 01 Jember?; c) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning pokok bahasan jarak, waktu, dan kecepatan pada siswa kelas V di SDN Gebang 01 Jember?.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73536
    Collections
    • UT-Faculty of Nursing [1623]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository