Show simple item record

dc.contributor.authorJamil, Nur Asiyah
dc.date.accessioned2016-02-22T07:41:30Z
dc.date.available2016-02-22T07:41:30Z
dc.date.issued2016-02-22
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73520
dc.description.abstractPISA (Programme for International Student Assesment) merupakan suatu studi bertaraf internasional yang diselenggarakan oleh OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) yang mengkaji kemampuan literasi siswa pada rentang usia 15 tahun yang diikuti oleh beberapa negara peserta, termasuk Indonesia. Penilaian pada siswa rentang usia 15 tahun memberikan indikasi awal tentang bagaimana individu dapat merespon di kemudian hari dengan beragam situasi yang akan mereka hadapi yang melibatkan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan logika dan penalaran dalam menyelesaikan soal berstandar PISA pada siswa usia 15 tahun. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen penelitian, meliputi soal dan kunci jawaban tes kemampuan logika dan penalaran pada soal berstandar PISA yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, rubrik penilaian kemampuan logika dan penalaran, dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas IX-A MTs Negeri Jember 1, yang meliputi masing-masing 2 siswa dari yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Level kemampuan matematika ditentukan dari hasil nilai UTS matematika 15 siswa tersebut kemudian disusun tabel frekuensi dengan membuat 3 kategori kemampuan matematika. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 02-26 Oktober 2015. Metode pengumpulan data penelitian meliputi metode dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil validasi dari semua instrument yakni soal dan kunci jawaban tes kemampuan logika dan penalaran, rubrik penilaian, dan pedoman wawancara baik dari segi konstruksi maupun isi, berturut-turut adalah 4,94; 4,5; dan 4,67. Artinya, keseluruhan dari instrumen penelitian tersebut dapat dikatakan valid.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL PISA DITINJAU DARI ASPEK LOGIKAen_US
dc.titleANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL PISA DITINJAU DARI ASPEK LOGIKA DAN PENALARAN PADA SISWA USIA 15 TAHUN DI MTS NEGERI JEMBER 1en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record