• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL PISA DITINJAU DARI ASPEK LOGIKA DAN PENALARAN PADA SISWA USIA 15 TAHUN DI MTS NEGERI JEMBER 1

    Thumbnail
    View/Open
    120210101084--Nur Asiyah Jamil -1-55.pdf (680.9Kb)
    Date
    2016-02-22
    Author
    Jamil, Nur Asiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    PISA (Programme for International Student Assesment) merupakan suatu studi bertaraf internasional yang diselenggarakan oleh OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) yang mengkaji kemampuan literasi siswa pada rentang usia 15 tahun yang diikuti oleh beberapa negara peserta, termasuk Indonesia. Penilaian pada siswa rentang usia 15 tahun memberikan indikasi awal tentang bagaimana individu dapat merespon di kemudian hari dengan beragam situasi yang akan mereka hadapi yang melibatkan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan logika dan penalaran dalam menyelesaikan soal berstandar PISA pada siswa usia 15 tahun. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen penelitian, meliputi soal dan kunci jawaban tes kemampuan logika dan penalaran pada soal berstandar PISA yang telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, rubrik penilaian kemampuan logika dan penalaran, dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas IX-A MTs Negeri Jember 1, yang meliputi masing-masing 2 siswa dari yang berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Level kemampuan matematika ditentukan dari hasil nilai UTS matematika 15 siswa tersebut kemudian disusun tabel frekuensi dengan membuat 3 kategori kemampuan matematika. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 02-26 Oktober 2015. Metode pengumpulan data penelitian meliputi metode dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil validasi dari semua instrument yakni soal dan kunci jawaban tes kemampuan logika dan penalaran, rubrik penilaian, dan pedoman wawancara baik dari segi konstruksi maupun isi, berturut-turut adalah 4,94; 4,5; dan 4,67. Artinya, keseluruhan dari instrumen penelitian tersebut dapat dikatakan valid.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73520
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository