Show simple item record

dc.contributor.authorCHRISTIAN S, YOHANES
dc.date.accessioned2016-02-22T06:59:42Z
dc.date.available2016-02-22T06:59:42Z
dc.date.issued2016-02-22
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73489
dc.description.abstractLPG merupakan bahan bakar berupa gas yang dicairkan (Liquified Petroleum Gasses) merupakan produk minyak bumi yang diperoleh dari proses distilasi bertekanan tinggi. Komponen utama LPG terdiri dari Hidrokarbon ringan berupa propana (C3H8) dan butana (C4H10). Komposisi Propana dan Butana sendiri berbanding 60% dan 40%. Penelitian ini bertujuan untuk mencari rasio kompresi yang sesuai untuk motor bakar 4 langkah menggunakkan bahan bakar LPG agar memiliki prestasi mesin yang maksimum dan juga konsumsi bahan bakar yang minimum. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Rekayasa Mesin Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Politeknik Jember. Dari hasil penelitian diperoleh data prestasi mesin dengan daya maksimum tertinggi pada rasio kompresi 10,8:1 dengan daya 1,38 HP pada 4500 rpm, torsi maksimum tertinggi pada rasio kompresi 10.8:1 sebesar 0,23 kgm pada 4000 rpm, dan konsumsi bahan bakar 142,85 Rp/km di rasio kompresi 10,8:1.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPENGARUH VARIASI RASIO KOMPRESIen_US
dc.titlePENGARUH VARIASI RASIO KOMPRESI TERHADAP PRESTASI MESIN MOTOR BAKAR 4 LANGKAH BERBAHAN BAKAR LPGen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record