PENGARUH VARIASI RASIO KOMPRESI TERHADAP PRESTASI MESIN MOTOR BAKAR 4 LANGKAH BERBAHAN BAKAR LPG
Abstract
LPG merupakan bahan bakar berupa gas yang dicairkan (Liquified
Petroleum Gasses) merupakan produk minyak bumi yang diperoleh dari proses
distilasi bertekanan tinggi. Komponen utama LPG terdiri dari Hidrokarbon
ringan berupa propana (C3H8) dan butana (C4H10). Komposisi Propana dan
Butana sendiri berbanding 60% dan 40%.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari rasio kompresi yang sesuai untuk
motor bakar 4 langkah menggunakkan bahan bakar LPG agar memiliki prestasi
mesin yang maksimum dan juga konsumsi bahan bakar yang minimum.
Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Rekayasa Mesin Jurusan Teknik
Otomotif Fakultas Politeknik Jember.
Dari hasil penelitian diperoleh data prestasi mesin dengan daya maksimum
tertinggi pada rasio kompresi 10,8:1 dengan daya 1,38 HP pada 4500 rpm, torsi
maksimum tertinggi pada rasio kompresi 10.8:1 sebesar 0,23 kgm pada 4000 rpm,
dan konsumsi bahan bakar 142,85 Rp/km di rasio kompresi 10,8:1.