dc.description.abstract | Balanced Scorecard adalah sistem manajemen untuk mengukur dan mengendalikan
secara cepat, tepat serta komprehensif, dan memberikan pemahaman pada manajer tentang
performance bisnis. Dengan adanya sistem manajemen ini diharapkan semua instansi,
khususnya Rumah Sakit Jember Klinik mampu mengendalikan keahlian di bidang keuangan
dan non-keuangan.
Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data
kuantitatif. Data kualitatif meliputi keterangan-keterangan tertulis, dan data kuantitatif
meliputi data primer dan data sekunder. Sampel yang digunakan adalah 86 responden
karyawan dan pasien, dimana semakin besar sampel akan memberikan hasil yang akurat.
Penelitian ini menggunakan metode analisis Critical Succes Factors (CSFs) dan
pengembangan pengukuran dari empat perspektif balanced scorecard, yang berpengaruh
terhadap keberhasilan kinerja Rumah Sakit Jember Klinik yang selaras dengan visi dan misi
yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Penilaian kinerja sudah mampu
memberikan kepuasan pasien dan citra rumah sakit menjadi semakin baik, dan dilihat dari
ROI yang dicapai belum optimal,TATO sudah dianggap sesuai dengan standar, efisiensi
penggunaan biaya operasional belum efisien. Kedua, dilihat dari tenaga medis memiliki
jenjang pendidikan dan dilihat dari sistem pelayanan terpadunya sudah menggunakan sistem
berbasis komputerisasi. Ketiga, dari indeks kepuasan kerja karyawan sudah dikategorikan
puas, sedangkan dilihat dari leraning and training index masih rendah dari yang
distandarkan. | en_US |