PENUGASAN PROYEK BERBASIS DIGITAL TERHADAP MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI YANG MENEMPUH MATA KULIAH YANG BERSIFAT ABSTRAK NON PRAKTIKUM Digital Based Project Assignment of Students of Biology Education Program That Who Took of Non Practicum Abstract Subject
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan salah satu model pengajaran sebagai
alternatif terhadap mata kuliah non praktikum yang bersifat abstrak yang disesuaikan
dengan tuntutan dan perkembangan zaman. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data awal terhadap pengembangan model pembelajaran pada era native digital
yang berbasis praktikum. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.
Metode pengumpulan data yaitu menggunakan tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) hasil proyek berbasis digital sangat membantu mahasiswa dalam belajar mata kuliah yang berifat abstrak non praktikum; (2) prestasi belajar mahasiswa cukup baik, dari 48 mahasiswa 22,91% memperoleh nilai 80-100; 58,33% dengan nilai 70-80; 18,75% dengan nilai 60-70; dan 0% mahasiswa dengan nilai <60. (3) hasil proyek berbasis digital sangat bermanfaat bagi mahasiswa terutama pada saat mahasiswa melakukan PPL di sekolah.Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa,mata kuliah yang bersifat abstrak non praktikum dapat dibantu dan ditingkatkan kualitasnya dengan model pembelajaran proyek berbasis digital dalam rangka menuju guru biologi yang dapat bersaing di zaman modern ke depan.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]