• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH STRATEGI BELAJAR MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PENYESUAIAN DIRI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA SISWA KELAS V SDN KEPATIHAN 06 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SEMESTER GANJIL

    Thumbnail
    View/Open
    Asiyah Jamil cover 123.pdf (808.6Kb)
    Date
    2016-02-02
    Author
    Jamil, Asiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA menekankan siswa untuk turut aktif dalam kegiatan pembelajaran agar siswa mendapatkan pengalaman langsung. Guru harus mempertimbangkan strategi belajar yang dapat memudahkan siswa memahami konsep-konsep IPA dan mengembangkan pengetahuan yang diterima. Strategi belajar mind mapping merupakan salah satu cara yang dapat membuat pembelajaran IPA bermakna bukan sekedar menghafal atau mengingat. Mind Mapping membantu siswa membuat ringkasan materi pembelajaran dalam bentuk gambar, garis, simbol, dan berbagai warna serta untuk mengetahui secara jelas keterkaitan antara konsep satu dengan konsep lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan penggunaan strategi belajar mind mapping terhadap hasil belajar IPA pokok bahasan penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungannya siswa kelas V SDN Kepatihan 06 Jember tahun ajaran 2015/2016 semester ganjil. Penelitian dilaksanakan di SDN Kepatihan 06 Jember dimulai tanggal 18 September 2015 sampai dengan 9 Oktober 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan desain true eksperimen design dan pola pre-test post-test control group design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Kepatihan 06 Jember yang berjumlah 78 siswa terdiri dari kelas VA berjumlah 40 siswa dan kelas VB berjumlah 38 siswa. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas terhadap subjek penelitian untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan. Data uji homogenitas diperoleh x dari nilai ulangan harian. Hasil uji homogenitas menunjukkan nilai 0,199, selanjutnya harga harga ini dikonsultasikan dengan harga ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,665 dengan diketahui dbd =76. Berdasarkan nilai ttabel =1,665 dan nilai 0,199, maka <ttabel yaitu 0,199<1,665. Nilai tersebut membuktikan bahwa kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan melakukan teknik undian. Dari hasil teknik undian diperoleh hasil kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t karena terdiri dari dua kelas. Hasil perhitungan rumus uji-t diperoleh thitung =7,782. Harga thitung ini dikonsultasikan dengan pada taraf signifikansi 5%=1,665 dengan db =76. Dengan demikian nilai > yaitu 7,782>1,665 sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa siswa kelas V SDN Kepatihan 06 Jember tahun pelajaran 2015/2016 semester ganjil yang diajar menggunakan strategi belajar mind mapping mencapai hasil belajar IPA yang lebih baik daripada yang tidak diajar menggunakan strategi belajar mind mapping. Hasil perhitungan keefektifan relatif sebesar 32,0923%, yang memiliki arti bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi belajar mind mapping lebih efektif 32,0923% daripada pembelajaran tanpa menggunakan strategi belajar mind mapping. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SDN Kepatihan 06 Jember tahun pelajaran 2015/2016 semester ganjil yang diajar menggunakan strategi belajar mind mapping mencapai hasil belajar IPA yang lebih baik daripada yang tidak diajar menggunakan strategi belajar mind mapping, atau dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi belajar mind mapping lebih efektif 32,0923% daripada pembelajaran tanpa menggunakan strategi belajar mind mapping.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73147
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository