IMPLEMENTASI STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN PADA PERSEROAN TERBATAS (PT) BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG JEMBER
Abstract
PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember merupakan perusahaan
jasa perbankan milik Pemerintah yang ditugaskan sebagai wadah pembiayaan
perumahan untuk rakyat yang diwujudkan dengan pemberian Kredit Pemilikan
Rumah (KPR) sehingga dapat mendukung upaya program pembangunan nasional.
PT. Bank Tabungan Negara (Persero) berfungsi sebagai Bank Umum dengan cara
menerima simpanan dari masyarakat dalam bentuk tabungan, giro, dan deposito. PT.
Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember berupaya mempertahankan citra
positif perusahaan untuk mendapatkan kepercayaan dan mempertahankan loyalitas
nasabah serta menjaga kelangsungan hidup perusahaan agar dapat terus survive
ditengah kondisi persaingan yang semakin ketat dalam rangka untuk merebut hati
nasabah dan calon nasabahnya. Upaya untuk mempertahankan citra positif
perusahaan termasuk citra bank adalah sangat penting, karena kepercayaan
masyarakat merupakan modal utama bagi Bank dan dapat ditempuh melalui
implementasi strategi public relations, sebab melalui public relations sebuah citra
positif perusahaan dibentuk dan dikomunikasikan kepada khalayak. Tanpa adanya
citra positif dan kepercayaan dari masyarakat maka Bank akan menjadi pailit.