PENGARUH PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kualitas
pelayanan dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini
terdiri atas dua variabel independen dan satu variabel dependen. Variabel
independen dalam penelitian ini adalah persepsi kualitas pelayanan dan sanksi
perpajakan, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepatuhan
wajib pajak. Penelitian ini menggunakan teknik incidental sampling dan
menggunakan metode survey dengan kuesioner dalam pengumpulan datanya.
Responden yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang
pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember. Analisis data
penelitian menggunakan analisis linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan penelitian ini
menunjukkan bahwa persepsi kualitas pelayanan dan sanksi perpajakan
berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak.