• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS SOLUSI NUMERIK MODEL FLUKS MOBIL DENGAN METODE CRANK-NICHOLSON

    Thumbnail
    View/Open
    dayvis suryadana cover 123.pdf (988.3Kb)
    Date
    2016-01-27
    Author
    Suryadana, Dayvis
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Arus lalu lintas pada suatu ruas jalan karakteristiknya akan bervariasi baik berdasar lokasi maupun waktunya. Oleh karena itu perilaku kendaraan yang melintas akan berpengaruh terhadap perilaku arus lalu lintas. Ada beberapa cara yang dipakai para ahli lalu lintas untuk mendefinisikan arus lalu lintas, tetapi ukuran dasar yang sering digunakan adalah konsentrasi fluks (arus) dan kecepatan. Fluks dan volume sering dianggap sama, meskipun istilah fluks lebih tepat untuk menyatakan arus lalu lintas dan mengandung pengertian jumlah kendaraan yang terdapat dalam ruang yang diukur dalam satu interval waktu tertentu. Konsentrasi dianggap sebagai jumlah kendaraan pada suatu panjang jalan tertentu, tetapi konsentrasi ini kadang-kadang menunjukkan kerapatan (kepadatan) (Harahap, 2010). Tujuan dari penelitian ini adalah menyelesaikan model fluks mobil secara numerik dengan cara mengubah persamaan fluks mobil kedalam bentuk skema beda hingga dengan menggunakan metode Crank-Nicholson serta mendefinisikan variabelvariabelnya sehingga diperoleh profil fluks mobil melalui solusi numeriknya. Penelitian tentang fluks mobil ini dibagi menjadi enam tahap yaitu kajian pustaka, penyelesaian model fluks mobil menggunakan metode Crank-Nicholson, identifikasi parameter, pembuatan program, simulasi program, analisis hasil simulasi. Penentuan nilai parameter diambil dari simulasi dan sebagian diambil dari beberapa literatur yang berkaitan dengan fluks mobil. Setelah menyelesaikan model fluks mobil menggunakan metode Crank-Nicholson serta mengidentifikasi parameter, dilanjutkan dengan pembuatan program, dimana pada langkah ini diberikan hasil visualisasi dari simulasi model fluks mobil. Langkah selanjutnya yaitu melakukan simulasi dengan cara menginput nilai parameter-parameter yang telah ditentukan ix sebelumnya, sebagian dari nilai parameter tersebut divariasikan. Kemudian tahap terakhir yaitu menganalisis output dari simulasi tersebut. Hasil analisis yang telah dilakukan, kecepatan kendaraan tersebut akan tergantung pada kepadatan, semua kendaraan yang bergerak pada jalur bebas hambatan satu arah memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Kecepatan setiap kendaraan yang lewat di jalur tersebut akan tergantung pada kepadatan disekitar kendaraan tersebut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72528
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3427]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository