ONLINE SHOP ALAT KECANTIKAN DAN KOSMETIK DENGAN PEMBERIAN SARAN PEMBELIAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan kita perlunya
sebuah sistem untuk menangani masalah manajemen pengelolan data penjualan
dan keuangan perusahaan yang sangat efisien sehingga segala transaksi penjualan
dan laporan keuangan perusahaan dapat tersimpan dengan aman pada database
sehingga perusajaan dapat mencapai tujuan dalam pengelolaan data perusahaan.
UD Serba Guna merupakan salah satu usaha yang memiliki pada
memanejemen peningkatan penjualan produk yang dijual, penjualan masih
dilakukan secara manual sehingga barang atau merk produk yang tidak diketahui
konsumen mengalami penumpukan stok, contohnya konsumen hanya mengetahui
produk lama tanpa mengetahui produk baru sehingga saat perusahaan menyetok
produk baru konsumen tidak tertarik dan akan mengalami penumpukan stok . Hal
tersebut mengakibatkan pihak perusahaan mengalami kesulitan dalam
mengetahui barang atau produk mana yang sering diminati dan dibeli secara
bersamaan dalam satu waktu, pendataan barang, dan laporan keuangan.
Aplikasi online shop ini memiliki fitur yang bisa dipakai perusahaan untuk
memudahkan member melakukan pembelian dan mengetahui produk baru yang
dijual oleh perusahaan dan memudahkan admin dalam mengelola semua transaksi
dan mengelola atau menambahkan produk baru serta mengelola data member
yang aktif maupun tidak aktif. Fitur-fitur fungsional dan non fungsional yang
dibuat disesuaikan dengan data-data yang telah berhasil dikumpulkan. Metode
perhitungan agar menampilkan produk mana yang sering dibeli secara bersamaan
menggunakan market basket analysis dengan algoritma apriori dan metode
pengembangan sistem yaitu waterfall yang akan digunakan pada aplikasi online shop tersebut. Desain dan penulisan kode program PHP menggunakan konsep
OOP, dan manajemen basis data menggunakan MySQL