dc.description.abstract | Observasi awal pada tindakan pendahuluan menunjukkan bahwa aktivitas
belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PKn tergolong cukup aktif dengan skor
secara klasikal sebesar 44.83 dimana dari 33 siswa terdapat 1 siswa tergolong sangat
aktif, 6 siswa tergolong aktif, 7 siswa tergolong cukup aktif, dan 19 siswa tergolong
kurang aktif dan 0 siswa tergolong sangat kurang aktif. Sedangkan skor hasil belajar
siswa secara klasikal sebesar 65,63, dimana dari 33 siswa terdapat 7 siswa mendapat
skor sangat baik, 12 siswa mendapat skor baik, 2 siswa mendapat skor cukup baik, 12
siswa mendapat skor kurang baik, dan 0 siswa mendapat skor sangat kurang baik. Hal
tersebut dikarenakan penerapan metode yang kurang menarik sehingga siswa kurang
terlibat aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran aktif
everyone is a teacher here untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Kebebasan Berorganisasi kelas V di MI
Miftahul Ulum 1 Jebung Kidul Bondowoso?. Tujuan dari penelitian ini adalah.
penerapan strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Kebebasan
Berorganisasi kelas V di MI Miftahul Ulum 1 Jebung Kidul Bondowoso
Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan perubahan dalam
pembelajaran yakni dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif everyone is a
teacher here. Strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here merupakan
strategi yang memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk bertindak
sebagai pengajar (guru) bagi teman-temannya. | en_US |