dc.description.abstract | Motivasi adalah suatu usaha yang didasari untuk menggerakkan,
mengarahkan, menjaga tingkah laku seseorang agar ia terdorong untuk bertindak
melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil dan tujuan tertentu.Setiap perbuatan
terdapat suatu motivasi yang mendorong untuk melakukan sesuatu termasuk
dalam proses belajar. Proses belajar mengajar mempunyai suatu tujuan yaitu
memperoleh prestasi yang memuaskan, sehingga diperlukan dorongan (motivasi)
di dalam proses belajar mengajar, baik dari dalam maupun dari luar diri
siswa.Motivasi belajar pada siswa kelas VIII-A pada pelajaran IPS termasuk
dalam kategori rendah, rendahnya motivasi tersebut ternyata berdampak pada
aktivitas belajar siswa. Guru sebagai tenaga pendidik harus mampu memecahkan
permasalahan yang terjadi di kelas VIII-A, oleh karena itu peneliti bersama guru
sepakat untuk menggunakan media Audio Visual untuk meningkatkan motivasi
dan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS.Pokok bahasan yang akan menjadi
bahan kajian adalah pelaku ekonomi, karena materi tersebut memerlukan
pemahaman sehingga dalam menjelaskan memerlukan contoh-contoh yang
konkret. Dengan penggunaan media Audio Visual, materi tersebut akan lebih
mudah dipahami siswa, sehingga timbul motivasi untuk mempelajari pelajaran,
dan nantinya aktivitas belajar akan meningkat.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dalam
pelaksanaannya terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari 5
fase, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Indikator motivasi
belajar yang diobservasi antara lain; minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran, semangat belajar siswa, tanggung jawab siswa terhadap tugas yang diberikan oleh
guru, rasa senang terhadap stimulus yang diberikan oleh guru, dan reaksi siswa
terhadap stimulus yang diberikan oleh guru. Sedangkan indikator aktivitas belajar
siswa antara lain; bertanya, menjawab, berpendapat, perhatian, dan mengerjakan
tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya peningkatan
motivasi belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dengan penggunaan media
Audio Visual.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7Probolinggo di kelas VIII-A
pada pelajaran IPS pokok bahasan pelaku ekonomi.Pemilihan lokasi
menggunakan metode purposive area, yaitu pemilihan tempat atau lokasi
penelitian dilakukan dengan sengaja dan ditentukan sendiri oleh peneliti.Untuk
mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode observasi,
dokumentasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan media audio
visual dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat
dilihat dalam kriteria motivasi selama melakukan observasi sudah mencapai target
yaitu dari tingkat rendah menjadi tingkat yang tinggi, yaitu pada minat dan
perhatian siswa terhadap pelajaran yaitu 18%, semangat belajar siswa untuk
melaksanakan tugas-tugas belajarnya yaitu 28%, tanggung jawab siswa terhadap
tugas belajarnya sebesar 24%, rasa senang siswa terhadap tugas yang diberikan
guru sebesar 20% dan reaksi siswa terhadap stimulus yang diberikan oleh guru
sebesar 30%. Kemudian pada aktivitas juga mengalami peningkatan juga dari
tingkat yang rendah menjadi tinggi pula, yaitu pada keberanian meliputi kegiatan:
bertanya sebesar 16%, menjawab pertanyaan sebesar 24%, mengemukakan
pendapat sebesar 28%, kemauan yang meliputi: memperhatikan penjelasan guru
sebesar 26% dan kemauan yang meliputi: mengerjakan tugas yang diberikan oleh
guru sebesar 30%.Oleh karena itu media pembelajaran audio visual dapat
digunakan sebagai alternatif dalam meningktakan motivasi dan aktivitas belajar
siswa. | en_US |