PENINGKATAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 7 Probolinggo Mata Pelajaran IPS Standar Kompetensi Pelaku Ekonomi Semester Gasal Tahun Ajaran 2011/2012 )
Abstract
Motivasi  adalah  suatu  usaha  yang  didasari  untuk  menggerakkan, 
mengarahkan, menjaga tingkah laku seseorang agar ia terdorong untuk bertindak 
melakukan  sesuatu  sehingga  mencapai  hasil  dan  tujuan  tertentu.Setiap  perbuatan 
terdapat  suatu  motivasi  yang  mendorong  untuk  melakukan  sesuatu  termasuk 
dalam  proses  belajar.  Proses  belajar  mengajar  mempunyai  suatu  tujuan  yaitu 
memperoleh prestasi  yang memuaskan, sehingga  diperlukan dorongan (motivasi) 
di  dalam  proses  belajar  mengajar,  baik  dari  dalam  maupun  dari  luar  diri 
siswa.Motivasi  belajar  pada  siswa  kelas  VIII-A  pada  pelajaran  IPS  termasuk 
dalam  kategori  rendah,  rendahnya  motivasi  tersebut  ternyata  berdampak  pada 
aktivitas belajar siswa. Guru sebagai tenaga pendidik harus mampu memecahkan 
permasalahan  yang terjadi di kelas VIII-A, oleh  karena itu peneliti bersama guru 
sepakat  untuk  menggunakan  media  Audio  Visual  untuk  meningkatkan  motivasi 
dan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS.Pokok bahasan  yang akan menjadi 
bahan  kajian  adalah  pelaku  ekonomi,  karena  materi  tersebut  memerlukan 
pemahaman  sehingga  dalam  menjelaskan  memerlukan  contoh-contoh  yang 
konkret.  Dengan  penggunaan  media  Audio  Visual,  materi  tersebut  akan  lebih 
mudah  dipahami  siswa,  sehingga  timbul  motivasi  untuk  mempelajari  pelajaran, 
dan nantinya aktivitas belajar akan meningkat. 
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  Tindakan  Kelas  yang  dalam 
pelaksanaannya terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari 5 
fase,  yaitu  perencanaan,  tindakan,  observasi,  dan  refleksi.Indikator  motivasi 
belajar yang diobservasi antara lain; minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran, semangat belajar siswa, tanggung jawab siswa terhadap tugas yang diberikan oleh 
guru,  rasa  senang  terhadap  stimulus  yang  diberikan  oleh  guru,  dan  reaksi  siswa 
terhadap stimulus yang diberikan oleh guru. Sedangkan indikator aktivitas belajar 
siswa  antara  lain;  bertanya,  menjawab,  berpendapat,  perhatian,  dan  mengerjakan 
tugas.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  besarnya  peningkatan 
motivasi  belajar  siswa  dan  aktivitas  belajar  siswa  dengan  penggunaan  media 
Audio Visual. 
  Penelitian  ini  dilaksanakan  di  SMP  Negeri  7Probolinggo  di  kelas  VIII-A 
pada  pelajaran  IPS  pokok  bahasan  pelaku  ekonomi.Pemilihan  lokasi 
menggunakan  metode  purposive  area,  yaitu  pemilihan  tempat  atau  lokasi 
penelitian  dilakukan  dengan  sengaja  dan  ditentukan  sendiri  oleh  peneliti.Untuk 
mengumpulkan  data  dalam  penelitian  ini  digunakan  metode  observasi, 
dokumentasi, dan wawancara. 
  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  dengan  penerapan  media  audio 
visual  dapat  meningkatkan  motivasi  dan  aktivitas  belajar  siswa.  Hal  ini  dapat 
dilihat dalam kriteria motivasi selama melakukan observasi sudah mencapai target 
yaitu  dari  tingkat  rendah  menjadi  tingkat  yang  tinggi,  yaitu  pada  minat  dan 
perhatian  siswa  terhadap  pelajaran  yaitu  18%,  semangat  belajar  siswa  untuk 
melaksanakan  tugas-tugas  belajarnya  yaitu  28%,  tanggung  jawab  siswa  terhadap 
tugas  belajarnya  sebesar  24%,  rasa  senang  siswa  terhadap  tugas  yang  diberikan 
guru  sebesar  20%  dan  reaksi  siswa  terhadap  stimulus  yang  diberikan  oleh  guru 
sebesar  30%.  Kemudian  pada  aktivitas  juga  mengalami  peningkatan  juga  dari 
tingkat yang rendah menjadi tinggi pula, yaitu pada keberanian meliputi kegiatan: 
bertanya  sebesar  16%,  menjawab  pertanyaan  sebesar  24%,  mengemukakan 
pendapat  sebesar  28%,  kemauan  yang  meliputi:  memperhatikan  penjelasan  guru 
sebesar 26% dan kemauan yang meliputi: mengerjakan tugas yang diberikan oleh 
guru  sebesar  30%.Oleh  karena  itu  media  pembelajaran  audio  visual  dapat 
digunakan  sebagai  alternatif  dalam  meningktakan  motivasi  dan  aktivitas  belajar 
siswa.
