Show simple item record

dc.contributor.advisorSunardi
dc.contributor.authorSUDIANI
dc.date.accessioned2016-01-25T01:58:17Z
dc.date.available2016-01-25T01:58:17Z
dc.date.issued2016-01-25
dc.identifier.nim070201027029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72068
dc.description.abstractPendidikan pada dasarnya upaya untuk mempersiapkan atau memberi bekal pada peserta didik agar dikemudian hari mereka dapat mandiri dan tanggap terhadap lingkungannya untuk menghadapi tantangan hidup dalam bermasyarakat. Dalam proses penerapan konsep-konsep bilangan bulat kadang terjadi permasalahan yang disebabkan karena berbedanya perkembangan kemampuan anak. Matematika merupakan ilmu dasar selain sains dan bahasa perhatian terhadap pembelajaran. Matematika tidak hanya sekedar telah menjadi rahasia umum , bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit, menakutkan, bahkan tidak jarang siswa drop out takut dengan pelajaran Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Menelaah aktivitas siswa dalam proses pembelajaran operasi hitung bilangan bulat mengguakan kartu bilangan melalui metode pembelajaran kooperatif. (2) Mengkaji hasil belajar siswa tentang operasi hitung bilangan bulat setelah menggunakan kartu bilangan dengan pendekatan kooperatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN IV SDN Oro – oro ombo 01 jumalah siswa 25 siswa terdiri dari 8 laki-laki dan 17 perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 15 April 2010 sampai tanggal 29 April 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN SDN Oro – oro ombo 01 Pronojiwo - Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran operasi bilangan bulat dengan menggunakan Pendekatan Kooperatif adalah: pada siklus I prosentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria baik sebesar 48%, siklus II sebesar 76%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 12% siswa yang tidak tuntas 88% siswa sudah tuntas. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 90%.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectPendekatan Kooperatifen_US
dc.subjectKartu Bilanganen_US
dc.titlePeningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Kooperatif Learning Dengan Media Kartu Bilangan pada Siswa Kelas IV SDN Oro-Oro Ombo 01en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record