• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Kooperatif Learning Dengan Media Kartu Bilangan pada Siswa Kelas IV SDN Oro-Oro Ombo 01

    Thumbnail
    View/Open
    Sudiani.pdf (629.0Kb)
    Date
    2016-01-25
    Author
    SUDIANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan pada dasarnya upaya untuk mempersiapkan atau memberi bekal pada peserta didik agar dikemudian hari mereka dapat mandiri dan tanggap terhadap lingkungannya untuk menghadapi tantangan hidup dalam bermasyarakat. Dalam proses penerapan konsep-konsep bilangan bulat kadang terjadi permasalahan yang disebabkan karena berbedanya perkembangan kemampuan anak. Matematika merupakan ilmu dasar selain sains dan bahasa perhatian terhadap pembelajaran. Matematika tidak hanya sekedar telah menjadi rahasia umum , bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit, menakutkan, bahkan tidak jarang siswa drop out takut dengan pelajaran Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Menelaah aktivitas siswa dalam proses pembelajaran operasi hitung bilangan bulat mengguakan kartu bilangan melalui metode pembelajaran kooperatif. (2) Mengkaji hasil belajar siswa tentang operasi hitung bilangan bulat setelah menggunakan kartu bilangan dengan pendekatan kooperatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN IV SDN Oro – oro ombo 01 jumalah siswa 25 siswa terdiri dari 8 laki-laki dan 17 perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 15 April 2010 sampai tanggal 29 April 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN SDN Oro – oro ombo 01 Pronojiwo - Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran operasi bilangan bulat dengan menggunakan Pendekatan Kooperatif adalah: pada siklus I prosentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria baik sebesar 48%, siklus II sebesar 76%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 12% siswa yang tidak tuntas 88% siswa sudah tuntas. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 90%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72068
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository