Show simple item record

dc.contributor.advisorSukidin
dc.contributor.authorNIWARI, Achmad
dc.date.accessioned2016-01-25T01:31:43Z
dc.date.available2016-01-25T01:31:43Z
dc.date.issued2016-01-25
dc.identifier.nim070210274061
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72049
dc.description.abstractKondisi SDN Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan dalam menyajikan pelajaran menemui beberapa kendala dalam upaya meningkatkan kreasi dan minat siswa dalam mata pelajaran IPS belum dicapai maksimal. Dari hasil ulangan harian yang dicapai siswa kelas IV untuk pokok bahasan “Mengenal Pentingnya Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” masih menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan cara meningkatkan pemahaman siswa pada materi mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat mata pelajaran IPS kelas IV SDN Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan (2) Mendeskripsikan Metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa materi mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat mata pelajaran IPS kelas IV SDN Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan. Subjek penelitian dalam peneltian ini seluruh siswa kelas IV SD Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan tahun pelajaran 2009/2010. Jumlah subjek sebanyak 26 yang terdiri dari 10 laki-laki dan 16 Perempuan. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, wawancara, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. . Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa Penggunaan metode diskusi mampu meningkatkan penguasaan siswa tentang mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan. Nilai tertinggi yang dicapai siswa mencapai 100 dan nilai rata-rata kelas adalah 75,38. Penggunaan metode diskusi pada materi mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas IV SDN Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan. Dari 26 orang siswa, terdapat 92,3% siswa mendapat nilai ≥ 65 sebagai batas minimal ketuntasan belajar Pembelajaran IPS menggunakan metode diskusi di kelas IV SDN Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan perlu dikembangkan untuk menarik minat siswa terhadap pembelajaran itu sendiri, hal ini dapat dilihat dari respon siswa yang positif pada pembelajaran tersebuten_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectTEORI BELAJAR PIAGETen_US
dc.subjectDEMONSTRASIen_US
dc.titlePeningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Tentang Koperasi Dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Siswa Kelas IV SDN Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasanen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record