• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Tentang Koperasi Dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Siswa Kelas IV SDN Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan

    Thumbnail
    View/Open
    Achmad Niwari.pdf (967.9Kb)
    Date
    2016-01-25
    Author
    NIWARI, Achmad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kondisi SDN Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan dalam menyajikan pelajaran menemui beberapa kendala dalam upaya meningkatkan kreasi dan minat siswa dalam mata pelajaran IPS belum dicapai maksimal. Dari hasil ulangan harian yang dicapai siswa kelas IV untuk pokok bahasan “Mengenal Pentingnya Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” masih menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan cara meningkatkan pemahaman siswa pada materi mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat mata pelajaran IPS kelas IV SDN Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan (2) Mendeskripsikan Metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa materi mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat mata pelajaran IPS kelas IV SDN Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan. Subjek penelitian dalam peneltian ini seluruh siswa kelas IV SD Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan tahun pelajaran 2009/2010. Jumlah subjek sebanyak 26 yang terdiri dari 10 laki-laki dan 16 Perempuan. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, wawancara, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. . Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa Penggunaan metode diskusi mampu meningkatkan penguasaan siswa tentang mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan. Nilai tertinggi yang dicapai siswa mencapai 100 dan nilai rata-rata kelas adalah 75,38. Penggunaan metode diskusi pada materi mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas IV SDN Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan. Dari 26 orang siswa, terdapat 92,3% siswa mendapat nilai ≥ 65 sebagai batas minimal ketuntasan belajar Pembelajaran IPS menggunakan metode diskusi di kelas IV SDN Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan perlu dikembangkan untuk menarik minat siswa terhadap pembelajaran itu sendiri, hal ini dapat dilihat dari respon siswa yang positif pada pembelajaran tersebut
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72049
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository