Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Tentang Koperasi Dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Siswa Kelas IV SDN Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan
Abstract
Kondisi SDN Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan
dalam menyajikan pelajaran menemui beberapa kendala dalam upaya
meningkatkan kreasi dan minat siswa dalam mata pelajaran IPS belum dicapai
maksimal. Dari hasil ulangan harian yang dicapai siswa kelas IV untuk pokok
bahasan “Mengenal Pentingnya Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan
Masyarakat” masih menunjukkan hasil yang kurang menggembirakan.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan cara meningkatkan
pemahaman siswa pada materi mengenal pentingnya koperasi dalam
meningkatkan kesejahteraan masyarakat mata pelajaran IPS kelas IV SDN
Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan (2) Mendeskripsikan
Metode diskusi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa materi mengenal
pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat mata
pelajaran IPS kelas IV SDN Blaban III Kecamatan Batumarmar Kabupaten
Pamekasan.
Subjek penelitian dalam peneltian ini seluruh siswa kelas IV SD Blaban III
Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan tahun pelajaran 2009/2010.
Jumlah subjek sebanyak 26 yang terdiri dari 10 laki-laki dan 16 Perempuan.
Metode pengumpulan data melalui obeservasi, wawancara, tes, dan dokumentasi
teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan
kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi,
wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis
tes individu. . Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan
tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi
diketahui bahwa Penggunaan metode diskusi mampu meningkatkan penguasaan
siswa tentang mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan
masyarakat dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Blaban III
Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan. Nilai tertinggi yang dicapai siswa
mencapai 100 dan nilai rata-rata kelas adalah 75,38. Penggunaan metode diskusi
pada materi mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan
masyarakat, mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa kelas IV SDN Blaban
III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan. Dari 26 orang siswa, terdapat
92,3% siswa mendapat nilai ≥ 65 sebagai batas minimal ketuntasan belajar
Pembelajaran IPS menggunakan metode diskusi di kelas IV SDN Blaban
III Kecamatan Batumarmar Kabupaten Pamekasan perlu dikembangkan untuk
menarik minat siswa terhadap pembelajaran itu sendiri, hal ini dapat dilihat dari
respon siswa yang positif pada pembelajaran tersebut