Show simple item record

dc.contributor.advisorMuchtar, Imam
dc.contributor.advisorSihono
dc.contributor.authorMayangsari, Sistri Ayu
dc.date.accessioned2016-01-22T08:46:11Z
dc.date.available2016-01-22T08:46:11Z
dc.date.issued2016-01-22
dc.identifier.nim100210204149
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72037
dc.description.abstractObservasi awal pada tindakan pendahuluan menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PKn tergolong cukup aktif dengan skor secara klasikal sebesar 44.83 dimana dari 33 siswa terdapat 1 siswa tergolong sangat aktif, 6 siswa tergolong aktif, 7 siswa tergolong cukup aktif, dan 19 siswa tergolong kurang aktif dan 0 siswa tergolong sangat kurang aktif. Sedangkan skor hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 65,63, dimana dari 33 siswa terdapat 7 siswa mendapat skor sangat baik, 12 siswa mendapat skor baik, 2 siswa mendapat skor cukup baik, 12 siswa mendapat skor kurang baik, dan 0 siswa mendapat skor sangat kurang baik. Hal tersebut dikarenakan penerapan metode yang kurang menarik sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Kebebasan Berorganisasi kelas V di MI Miftahul Ulum 1 Jebung Kidul Bondowoso?. Tujuan dari penelitian ini adalah. penerapan strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Kebebasan Berorganisasi kelas V di MI Miftahul Ulum 1 Jebung Kidul Bondowoso Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan perubahan dalam pembelajaran yakni dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here. Strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here merupakan strategi yang memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk bertindak sebagai pengajar (guru) bagi teman-temannya. xii Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus meliputi kegiatan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di MI Miftahul Ulum 1 Jebung Kidul Bondowoso dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher Here di kelas V MI Miftahul Ulum 1 Jebung Kidul dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I skor aktivitas belajar siswa sebesar 71,60 dimana terdapat 13 siswa tergolong kategori sangat aktif, 9 siswa tergolong aktif, 10 siswa tergolong cukup aktif, 1 siswa tergolong kurang aktif dan 0 siswa tergolong sangat kurang aktif, sedangkan pada siklus II skor aktivitas belajar siswa sebesar 83,98 dimana terdapat 23 siswa tergolong kategori sangat aktif, 7 siswa tergolong aktif, 3 siswa tergolong cukup aktif, 0 siswa tergolong sangat kurang aktif. Hal itu menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 12,38 poin. Pada hasil belajar siklus I memperoleh skor secara klasikal sebesar 75,12 dimana terdapat 13 siswa mendapat skor sangat baik, 11 siswa mendapat skor baik, 8 siswa mendapat skor cukup baik, 1 siswa mendapat skor kurang baik dan 0 siswa mendapat skor sangat kurang baik, sedangkan pada siklus II skor hasil belajar secara klasikal sebesar 82,27, dimana terdapat 22 siswa mendapat skor sangat baik, 6 siswa mendapat skor baik, 4 siswa mendapat skor cukup baik, 1 siswa mendapat skor kurang baik dan 0 siswa mendapat skor sangat kurang baik. Hal itu menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 7,15 poin. Saran peneliti bagi guru SD, agar dapat menerapkan strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here dalam pembelajaran PKn dan mata pelajaran lainnya dan bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis yang nantinya diharapkan dapat melengkapi kekurangan yang ada pada penelitian inien_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectSTRATEGI PEMBELAJARANen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN KEBEBASAN BERORGANISASI KELAS V DI MI MIFTAHUL ULUM 1 JEBUNG KIDUL BONDOWOSOen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record