PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN KEBEBASAN BERORGANISASI KELAS V DI MI MIFTAHUL ULUM 1 JEBUNG KIDUL BONDOWOSO
Abstract
Observasi awal pada tindakan pendahuluan menunjukkan bahwa aktivitas
belajar siswa kelas V dalam pembelajaran PKn tergolong cukup aktif dengan skor
secara klasikal sebesar 44.83 dimana dari 33 siswa terdapat 1 siswa tergolong sangat
aktif, 6 siswa tergolong aktif, 7 siswa tergolong cukup aktif, dan 19 siswa tergolong
kurang aktif dan 0 siswa tergolong sangat kurang aktif. Sedangkan skor hasil belajar
siswa secara klasikal sebesar 65,63, dimana dari 33 siswa terdapat 7 siswa mendapat
skor sangat baik, 12 siswa mendapat skor baik, 2 siswa mendapat skor cukup baik, 12
siswa mendapat skor kurang baik, dan 0 siswa mendapat skor sangat kurang baik. Hal
tersebut dikarenakan penerapan metode yang kurang menarik sehingga siswa kurang
terlibat aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran aktif
everyone is a teacher here untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Kebebasan Berorganisasi kelas V di MI
Miftahul Ulum 1 Jebung Kidul Bondowoso?. Tujuan dari penelitian ini adalah.
penerapan strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pokok bahasan Kebebasan
Berorganisasi kelas V di MI Miftahul Ulum 1 Jebung Kidul Bondowoso
Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan perubahan dalam
pembelajaran yakni dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif everyone is a
teacher here. Strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher here merupakan
strategi yang memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk bertindak
sebagai pengajar (guru) bagi teman-temannya.
xii
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan sebanyak 2 siklus meliputi kegiatan pendahuluan, perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di MI Miftahul Ulum 1
Jebung Kidul Bondowoso dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V.
Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
penerapan strategi pembelajaran aktif everyone is a teacher Here di kelas V MI
Miftahul Ulum 1 Jebung Kidul dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Pada siklus I skor aktivitas belajar siswa sebesar 71,60 dimana terdapat 13 siswa
tergolong kategori sangat aktif, 9 siswa tergolong aktif, 10 siswa tergolong cukup
aktif, 1 siswa tergolong kurang aktif dan 0 siswa tergolong sangat kurang aktif,
sedangkan pada siklus II skor aktivitas belajar siswa sebesar 83,98 dimana terdapat
23 siswa tergolong kategori sangat aktif, 7 siswa tergolong aktif, 3 siswa tergolong
cukup aktif, 0 siswa tergolong sangat kurang aktif. Hal itu menunjukkan terjadi
peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 12,38 poin.
Pada hasil belajar siklus I memperoleh skor secara klasikal sebesar 75,12
dimana terdapat 13 siswa mendapat skor sangat baik, 11 siswa mendapat skor baik, 8
siswa mendapat skor cukup baik, 1 siswa mendapat skor kurang baik dan 0 siswa
mendapat skor sangat kurang baik, sedangkan pada siklus II skor hasil belajar secara
klasikal sebesar 82,27, dimana terdapat 22 siswa mendapat skor sangat baik, 6 siswa
mendapat skor baik, 4 siswa mendapat skor cukup baik, 1 siswa mendapat skor
kurang baik dan 0 siswa mendapat skor sangat kurang baik. Hal itu menunjukkan
terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 7,15 poin.
Saran peneliti bagi guru SD, agar dapat menerapkan strategi pembelajaran
aktif everyone is a teacher here dalam pembelajaran PKn dan mata pelajaran lainnya
dan bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk mengadakan
penelitian yang sejenis yang nantinya diharapkan dapat melengkapi kekurangan yang
ada pada penelitian ini