• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS III SDN SIDOMULYO 04 KECAMATAN PRONOJIWO KABUPATEN LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    KURROTUN AINUL FITROH.pdf (436.2Kb)
    Date
    2016-01-22
    Author
    FITROH, KURROTUN AINUL
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kenyataan yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA di SD hanya untuk mencapai target kurikulum. Siswa datang ke sekolah untuk mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah dari guru saja, menulis materi dari buku paket yang tersedia atau bahkan hanya didikte oleh guru karena kurangnya fasilitas yang tersedia di sekolah. Kurangnya variasi metode guru dalam menyampaikan pengetahuan terhadap siswa-siswi dapat mengakibatkan kurangnya motivasi siswa untuk belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi kurang dari target minimal (SKM) yang harus dicapai. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1). untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA tentang gerak benda dengan menggunakan metode eksperimen. (2). mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajaran IPA tentang gerak benda dengan menggunakan metode eksperimen. (3). untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang gerak benda dengan menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidomulyo 04 Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, dengan jumlah siswa 16 anak yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskreptif kualitatif untuk menganalisis data berupa hasil observasi dan deskreptif kuantitatif untuk menganalisis data hasil tes formatif. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 8 Maret 2010 sampai dengan 25 Maret 2010 dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Sidomulyo 04 Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa dan hasil tes formatif siswa secara kelompok dan individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi penggunaan metode eksperimen pada pembelajaran IPA pada siklus I adalah sebagai berikut: siswa sangat aktif 31,5%, siswa aktif 18,75%, siswa cukup aktif 37,50% dan siswa kurang aktif 12,5%. Pada siklus II : siswa sangat aktif 56,25%, siswa aktif 18,75%, siswa cukup aktif 18,75% dan siswa kurang aktif 6,25%. Sedangkan hasil tes formatif dapat diketahui pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh 69,25 dengan ketuntasan klasikal 75%, sedangkan pada siklus II diperoleh data rata-rata nilai 81,31 dengan ketuntasan klasikal 93,75. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran IPA tentang gerak benda dan hal-hal yang mempengaruhi gerak benda. Aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat karena metode eksperimen mampu menciptakan pembelajaran yang melibatkan siswa secara fisik dan mental selama pembelajaran dan memberikan motivasi siswa untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan, menantang, dan bermakna. Siswa menjadi berani untuk mengemukakan pendapat dan gagasan yang berkaitan dengan pengetahuan yang telah didapatkan selama kegiatan berlangsung, dan dapat meningkatkan keakraban antara siswa dan guru, siswa dengan siswa. Hal ini juga membawa dampak yang sangat baik bagi perkembangan sosial anak.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71959
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository