Show simple item record

dc.contributor.advisorHariyadi, Slamet
dc.contributor.authorKASIYANTO
dc.date.accessioned2016-01-22T02:10:02Z
dc.date.available2016-01-22T02:10:02Z
dc.date.issued2016-01-22
dc.identifier.nim070210274024
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71945
dc.description.abstractBanyak faktor yang menentukan keberhasilan proses belajar mengajar, di antara faktor-faktor tersebut yang paling dominan adalah guru, siswa dan sarana buku penunjang. Dari faktor guru, hendaknya guru menguasai materi yang akan disampaikan, metode yang digunakan haruslah bervariasi, jika tidak maka tidak heran siswa bosan, jenuh dan mungkin malas untuk mengikuti pembelajaran, teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelejaran IPA / SAINS, khususnya pada materi rangkaian listrik dasar melalui penerapan kombinasi metode eksperimen dan diskusi, (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA / SAINS tentang rangkaian listrik dasar melalui penerapan kombinasi metode eksperimen dan diskusi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Buwek Randuagung yang terdiri dari 24 siswa, 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 25 Januari 2010 sampai 30 April 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas VI SDN Buwek Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran rangkaian listrik dasar dengan menggunakan kombinasi metode eksperimen dan diskusi adalah: pada siklus I persentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria baik sebesar 50%; siklus II sebesar 83%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 96% siswa mencapai nilai di atas KKM. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 96%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kombinasi metode eksperimen dan diskusi dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VI dalam pembelajaran IPA materi rangkaian listrik dasar di SDN Buwek Randuagung – Lumajang.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKombinasi Metode Eksperimenen_US
dc.subjectDiskusien_US
dc.titlePENERAPAN KOMBINASI METODE EKSPERIMEN DAN DISKUSI GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG RANGKAIAN LISTRIK DASAR PADA SISWA KELAS VI DI SDN BUWEK RANDUAGUNG – LUMAJANGen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record