• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN KOMBINASI METODE EKSPERIMEN DAN DISKUSI GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG RANGKAIAN LISTRIK DASAR PADA SISWA KELAS VI DI SDN BUWEK RANDUAGUNG – LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    KASIYANTO.pdf (1007.Kb)
    Date
    2016-01-22
    Author
    KASIYANTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Banyak faktor yang menentukan keberhasilan proses belajar mengajar, di antara faktor-faktor tersebut yang paling dominan adalah guru, siswa dan sarana buku penunjang. Dari faktor guru, hendaknya guru menguasai materi yang akan disampaikan, metode yang digunakan haruslah bervariasi, jika tidak maka tidak heran siswa bosan, jenuh dan mungkin malas untuk mengikuti pembelajaran, teknik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelejaran IPA / SAINS, khususnya pada materi rangkaian listrik dasar melalui penerapan kombinasi metode eksperimen dan diskusi, (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA / SAINS tentang rangkaian listrik dasar melalui penerapan kombinasi metode eksperimen dan diskusi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Buwek Randuagung yang terdiri dari 24 siswa, 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 25 Januari 2010 sampai 30 April 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas VI SDN Buwek Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran rangkaian listrik dasar dengan menggunakan kombinasi metode eksperimen dan diskusi adalah: pada siklus I persentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria baik sebesar 50%; siklus II sebesar 83%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 96% siswa mencapai nilai di atas KKM. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 96%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kombinasi metode eksperimen dan diskusi dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VI dalam pembelajaran IPA materi rangkaian listrik dasar di SDN Buwek Randuagung – Lumajang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71945
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository