Show simple item record

dc.contributor.authorNovi Indah Pratiwi
dc.date.accessioned2013-12-10T02:50:42Z
dc.date.available2013-12-10T02:50:42Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM090210204087
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7184
dc.description.abstractDalam kurikulum pembelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi menuntut siswa agar dapat menjelaskan pengertian dari globalisasi serta mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari adanya pengaruh globalisasi. Namun berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Petung 2 Bondowoso, aktivitas belajar siswa masih tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Hal tersebut dikarenakan siswa merasa pembelajaran PKn sulit karena siswa tidak memahami materi yang diajarkan oleh guru. Selain itu, penggunaan media yang kurang tepat atau bahkan guru tidak menggunakan media. Sedangkan dari segi metode pembelajaran yang digunakan, guru bidang studi PKn hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas sehingga masih kurang variatif. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui penerapan pembelajaran metode cooperative script dengan menggunakan media gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: pembelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi melalui penerapan pembelajaran metode cooperative script dengan menggunakan media gambar di SDN Petung 2 Bondowoso pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013; Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV dengan jumlah 23 siswa yang terdiri atas 9 laki-laki dan 14 perempuan di SDN Petung 2 Bondowoso. Sumber data yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Petung 2 Bondowoso, referensi, dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah PTK dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 69,27% dengan kriteria cukup aktif dan mengalami peningkatan sebesar 20,29% sehingga pada siklus II menjadi 89,56% dengan kriteria sangat aktif. Sedangkan hasil penelitian untuk data analisis hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 56,52% mengalami peningkatan sebesar 26,09% sehingga pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,61%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran metode cooperative script dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pokok bahasan pengaruh globalisasi di SDN Petung 2 Bondowoso Tahun Pelajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran, bagi guru yaitu metode cooperative script dapat diterapkan pada mata pelajaran yang lain selain PKn, dengan memperhatikan karakteristik materi dan siswa. Bagi peneliti lain, yaitu perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut mengenai metode cooperative script.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204087;
dc.subjectPEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN PENGARUH GLOBALISASI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBARen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN PENGARUH GLOBALISASI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SDN PETUNG 2 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record