PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN PENGARUH GLOBALISASI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SDN PETUNG 2 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Dalam kurikulum pembelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi
menuntut siswa agar dapat menjelaskan pengertian dari globalisasi serta
mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari adanya pengaruh globalisasi.
Namun berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Petung 2 Bondowoso,
aktivitas belajar siswa masih tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar
siswa yang rendah pula. Hal tersebut dikarenakan siswa merasa pembelajaran PKn
sulit karena siswa tidak memahami materi yang diajarkan oleh guru. Selain itu,
penggunaan media yang kurang tepat atau bahkan guru tidak menggunakan media.
Sedangkan dari segi metode pembelajaran yang digunakan, guru bidang studi PKn
hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas sehingga
masih kurang variatif. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui penerapan
pembelajaran metode cooperative script dengan menggunakan media gambar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
pembelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi melalui penerapan
pembelajaran metode cooperative script dengan menggunakan media gambar di SDN
Petung 2 Bondowoso pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013;
Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV dengan jumlah 23
siswa yang terdiri atas 9 laki-laki dan 14 perempuan di SDN Petung 2 Bondowoso.
Sumber data yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN Petung 2 Bondowoso,
referensi, dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah PTK dan metode pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain
penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data
yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data
hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa secara
klasikal yaitu sebesar 69,27% dengan kriteria cukup aktif dan mengalami peningkatan
sebesar 20,29% sehingga pada siklus II menjadi 89,56% dengan kriteria sangat aktif.
Sedangkan hasil penelitian untuk data analisis hasil belajar siswa pada siklus I
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 56,52%
mengalami peningkatan sebesar 26,09% sehingga pada siklus II mengalami
peningkatan menjadi 82,61%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran metode
cooperative script dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas IV pada pokok bahasan pengaruh globalisasi di SDN
Petung 2 Bondowoso Tahun Pelajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil penelitian maka
dapat diberikan saran, bagi guru yaitu metode cooperative script dapat diterapkan
pada mata pelajaran yang lain selain PKn, dengan memperhatikan karakteristik materi
dan siswa. Bagi peneliti lain, yaitu perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut mengenai
metode cooperative script.