Show simple item record

dc.contributor.authorZAITUN
dc.date.accessioned2013-12-10T02:47:20Z
dc.date.available2013-12-10T02:47:20Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210204063
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7180
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gebang 01 Jember pada tanggal 02 Mei 2011 sampai tanggal 07 Mei 2010, subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 25 anak. Pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Hopkins dalam penelitian tindakan dilaksanakan berupa proses pengkajian berdaur (cyclical) yang terdiri atas empat tahap. Pelaksanaan terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa, persentase ketercapaian motivasi belajar siswa dari observasi awal ke siklus I mengalami peningkatan dan dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan. Motivasi belajar siswa pada observasi awal yaitu sebesar 2,25 dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 2,88. pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus I yaitu sebesar 2,88 menjadi 3,44. Hasil belajarnya juga mengalami peningkatan dari observasi awal, kemudian dilanjutkan dengan siklus I yang diikuti oleh 25 siswa dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas IV termasuk dalam kriteria cukup baik yaitu dari 24 % sebelum tindakan menjadi 68 % setelah tindakan sisklus I. Hal ini mengalami peningkatan yang cukup baik, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup baik menjadi baik yaitu dari 68 % menjadi 84 % Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode inkuiri menunjukkan hasil yang meningkat dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh peneliti mendapat respon yang positif bagi siswa karena siswa merasa mudah memahami dan mengerti terhadap materi yang telah diajarkan, metode yang digunakan oleh peneliti ini dirasa sangat membantu bagi guru kelas dan dengan adanya penelitian ini guru/lembaga merasa terbantu dengan adanya penelitian yang diadakan di SD Negeri Gebang 01 Jember. Hal ini juga disebabkan karena penggunaan metode inkuiri sangat sesuai dengan karakteristik siswa sekolah tersebut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204063;
dc.subjectMotivasi dan Hasil Belajar Siswa, IPS,Teknologi Produksi, Komunikasi dan Transportasien_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TOPIK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record