• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TOPIK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEBANG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

    Thumbnail
    View/Open
    Zaitun.pdf (7.117Mb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    ZAITUN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gebang 01 Jember pada tanggal 02 Mei 2011 sampai tanggal 07 Mei 2010, subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 25 anak. Pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Hopkins dalam penelitian tindakan dilaksanakan berupa proses pengkajian berdaur (cyclical) yang terdiri atas empat tahap. Pelaksanaan terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa, persentase ketercapaian motivasi belajar siswa dari observasi awal ke siklus I mengalami peningkatan dan dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan. Motivasi belajar siswa pada observasi awal yaitu sebesar 2,25 dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 2,88. pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus I yaitu sebesar 2,88 menjadi 3,44. Hasil belajarnya juga mengalami peningkatan dari observasi awal, kemudian dilanjutkan dengan siklus I yang diikuti oleh 25 siswa dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas IV termasuk dalam kriteria cukup baik yaitu dari 24 % sebelum tindakan menjadi 68 % setelah tindakan sisklus I. Hal ini mengalami peningkatan yang cukup baik, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup baik menjadi baik yaitu dari 68 % menjadi 84 % Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode inkuiri menunjukkan hasil yang meningkat dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh peneliti mendapat respon yang positif bagi siswa karena siswa merasa mudah memahami dan mengerti terhadap materi yang telah diajarkan, metode yang digunakan oleh peneliti ini dirasa sangat membantu bagi guru kelas dan dengan adanya penelitian ini guru/lembaga merasa terbantu dengan adanya penelitian yang diadakan di SD Negeri Gebang 01 Jember. Hal ini juga disebabkan karena penggunaan metode inkuiri sangat sesuai dengan karakteristik siswa sekolah tersebut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7180
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository