Show simple item record

dc.contributor.authorNanang Apriska Bayuntara
dc.date.accessioned2013-12-10T02:47:13Z
dc.date.available2013-12-10T02:47:13Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM090210204115
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7177
dc.description.abstractMembaca pemahaman merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa sekolah dasar. Pemahaman diperlukan siswa untuk mengambil makna dari setiap cerita atau bacaan yang dibacanya, sehingga siswa memperoleh pengetahuan baru. Kenyataannya, kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 1 Pakel Trenggalek masih rendah, seperti nampak pada kurangnya keaktifan siswa selama pembelajaran dan hasil pembelajaran membaca pemahaman yang belum tuntas. Guna mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang mampu memicu keterlibatan siswa secara penuh dalam pembelajaran, yaitu dengan strategi membaca terbimbing.Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas di SDN 1 Pakel Trenggalek. Variabel dalam penelitian ini yaitu penerapan strategi membaca terbimbing pada keterampilan membaca pemahaman dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Data diperoleh dari siswa, guru, dokumen siswa, dan kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi membaca terbimbing dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas III SDN 1 Pakel berjalan dengan baik. Guru membimbing siswa dalam membaca pemahaman pada tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca. Hal tersebut terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa, walaupun dalam siklus I masih banyak terjadi kendala antara lain siswa kesulitan dalam memprediksi isi cerita dan mengungkapkan temuan dari cerita. Kendala tersebut diatasi pada siklus II dengan pembelajaran kelompok kecil, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Pada tahap prasiklus, dari 31 siswa, hanya 14 siswa Saran untuk guru, hendaknya perhatian dan bimbingan dalam kegiatan membaca perlu ditingkatkan, agar siswa termotivasi untuk membaca dengan sungguh-sungguh. Strategi membaca terbimbing ini dapat dikembangkan dan diterapkan sebagai alternatif pembelajaran untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran membaca pemahaman. Saran bagi peneliti lain, diharapkan dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang berbeda, sehingga didapat berbagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204115;
dc.subjectKEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN STRATEGI MEMBACA TERBIMBINGen_US
dc.titlePENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN STRATEGI MEMBACA TERBIMBING SISWA KELAS III SDN 1 PAKEL TRENGGALEK SISWA KELAS III SD NEGERI 1 PAKEL TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record