PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN STRATEGI MEMBACA TERBIMBING SISWA KELAS III SDN 1 PAKEL TRENGGALEK SISWA KELAS III SD NEGERI 1 PAKEL TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Membaca pemahaman merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa
yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa sekolah dasar. Pemahaman
diperlukan siswa untuk mengambil makna dari setiap cerita atau bacaan yang
dibacanya, sehingga siswa memperoleh pengetahuan baru. Kenyataannya,
kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 1 Pakel Trenggalek masih
rendah, seperti nampak pada kurangnya keaktifan siswa selama pembelajaran dan
hasil pembelajaran membaca pemahaman yang belum tuntas. Guna mengatasi
masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang mampu memicu
keterlibatan siswa secara penuh dalam pembelajaran, yaitu dengan strategi
membaca terbimbing.Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1)
Rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas di SDN 1
Pakel Trenggalek. Variabel dalam penelitian ini yaitu penerapan strategi membaca
terbimbing pada keterampilan membaca pemahaman dan kemampuan membaca
pemahaman siswa. Data diperoleh dari siswa, guru, dokumen siswa, dan
kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
tes.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
penerapan strategi membaca terbimbing dalam pembelajaran membaca
pemahaman siswa kelas III SDN 1 Pakel berjalan dengan baik. Guru membimbing
siswa dalam membaca pemahaman pada tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca.
Hal tersebut terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman
siswa, walaupun dalam siklus I masih banyak terjadi kendala antara lain siswa
kesulitan dalam memprediksi isi cerita dan mengungkapkan temuan dari cerita.
Kendala tersebut diatasi pada siklus II dengan pembelajaran kelompok kecil,
sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Pada tahap prasiklus, dari 31 siswa,
hanya 14 siswa
Saran untuk guru, hendaknya perhatian dan bimbingan dalam kegiatan
membaca perlu ditingkatkan, agar siswa termotivasi untuk membaca dengan
sungguh-sungguh. Strategi membaca terbimbing ini dapat dikembangkan dan
diterapkan sebagai alternatif pembelajaran untuk memperbaiki dan meningkatkan
pembelajaran membaca pemahaman. Saran bagi peneliti lain, diharapkan dapat
melakukan penelitian serupa dengan menggunakan model dan media
pembelajaran yang berbeda, sehingga didapat berbagai alternatif pembelajaran
untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.