Show simple item record

dc.contributor.authorYusriani
dc.date.accessioned2013-12-10T02:44:17Z
dc.date.available2013-12-10T02:44:17Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210204001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7171
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanankan di SDN Mangli 01 Jember, dikarenakan kemampuan membaca puisi siswa kelas lima di SD tersebut masih rendah. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif adalah data yang diperoleh dari observasi dan wawancara sedangkan data kuantitatif didapat dari nilai tes kemampuan siswa dalam membacakan puisi. Sumber data dalam penelitian ini adalah semua siswadan Guru kelas Vb SDN Mangli 01. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca puisi siswa kelas Vb SDN Mangli 01 Jember meningkat setelah diterapkannya teknik pemodelan. Peningkatan tersebut dapat kita lihat pada siklus satu jumlah siswa yang mencapai ketuntasan nilai (nilai ≥65) sebanyak 20 siswa atau 46,5% dari jumlah total 43 siswa. Pada siklus kedua jumlah siswa yang mencapai ketuntasan nilai (nilai ≥65) sebanyak 33 siswa atau 76,8% dari total 43 siswa. Jadi, secara klasikal (85% dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai ≥ 65) siswa kelas Vb SDN Mangli 01 Jember sudah mencapai ketuntasan nilai. Hal itu dapat di ketahui dari siklus kedua ketuntasan nilai (nilai ≥65) siswa telah mencapai 76,8% dari total 43 siswa. Selain hal tersebut dapat diketahui bahwa dalam tiap siklusnya kemampuan membaca puisi siswa mengalami peningkatan, misalnya dari siklus I ke siklus II jika dilihat dari jumlah siswa mengalami peningkatan sebanyak 13 siswa atau 30,2% dari total 43 siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut; (1) bagi guru-guru, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dan mengalami keberhasilan, agar dapat dijadikan sebagai salah satu solusi dalam mengatasi kesulitan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam materi membaca puisi, sebagai upaya dalam peningkatan hasil belajar siswa, (2) bagi sekolah, agar memberikan fasilitas atau media pembelajaran yang menunjang tercapainya pelaksanaan pembelajaran membaca puisi agar teknik pemodelan dapat berjalan lebih baik, (3) bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan hingga pada akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi banyak orang.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204001;
dc.subjectteknik pemodelan siswa, kemampuan membaca puisien_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI TEKNIK PEMODELAN SISWA KELAS Vb SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record