MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI TEKNIK PEMODELAN SISWA KELAS Vb SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
terdiri dari dua siklus. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanankan di SDN Mangli 01
Jember, dikarenakan kemampuan membaca puisi siswa kelas lima di SD tersebut
masih rendah. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Data yang dianalisis secara kualitatif adalah data yang diperoleh dari observasi dan
wawancara sedangkan data kuantitatif didapat dari nilai tes kemampuan siswa dalam
membacakan puisi. Sumber data dalam penelitian ini adalah semua siswadan Guru
kelas Vb SDN Mangli 01.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, dapat
disimpulkan bahwa kemampuan membaca puisi siswa kelas Vb SDN Mangli 01
Jember meningkat setelah diterapkannya teknik pemodelan.
Peningkatan tersebut dapat kita lihat pada siklus satu jumlah siswa yang
mencapai ketuntasan nilai (nilai ≥65) sebanyak 20 siswa atau 46,5% dari jumlah total
43 siswa. Pada siklus kedua jumlah siswa yang mencapai ketuntasan nilai (nilai ≥65)
sebanyak 33 siswa atau 76,8% dari total 43 siswa.
Jadi, secara klasikal (85% dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai ≥ 65)
siswa kelas Vb SDN Mangli 01 Jember sudah mencapai ketuntasan nilai. Hal itu
dapat di ketahui dari siklus kedua ketuntasan nilai (nilai ≥65) siswa telah mencapai
76,8% dari total 43 siswa. Selain hal tersebut dapat diketahui bahwa dalam tiap
siklusnya kemampuan membaca puisi siswa mengalami peningkatan, misalnya dari
siklus I ke siklus II jika dilihat dari jumlah siswa mengalami peningkatan sebanyak
13 siswa atau 30,2% dari total 43 siswa.
Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat dikemukakan beberapa saran
sebagai berikut; (1) bagi guru-guru, berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilaksanakan dan mengalami keberhasilan, agar dapat dijadikan sebagai salah satu
solusi dalam mengatasi kesulitan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam
materi membaca puisi, sebagai upaya dalam peningkatan hasil belajar siswa, (2) bagi
sekolah, agar memberikan fasilitas atau media pembelajaran yang menunjang
tercapainya pelaksanaan pembelajaran membaca puisi agar teknik pemodelan dapat
berjalan lebih baik, (3) bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan
penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan
hingga pada akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi banyak orang.