• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI TEKNIK PEMODELAN SISWA KELAS Vb SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Yusriani.pdf (8.223Mb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Yusriani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanankan di SDN Mangli 01 Jember, dikarenakan kemampuan membaca puisi siswa kelas lima di SD tersebut masih rendah. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif adalah data yang diperoleh dari observasi dan wawancara sedangkan data kuantitatif didapat dari nilai tes kemampuan siswa dalam membacakan puisi. Sumber data dalam penelitian ini adalah semua siswadan Guru kelas Vb SDN Mangli 01. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca puisi siswa kelas Vb SDN Mangli 01 Jember meningkat setelah diterapkannya teknik pemodelan. Peningkatan tersebut dapat kita lihat pada siklus satu jumlah siswa yang mencapai ketuntasan nilai (nilai ≥65) sebanyak 20 siswa atau 46,5% dari jumlah total 43 siswa. Pada siklus kedua jumlah siswa yang mencapai ketuntasan nilai (nilai ≥65) sebanyak 33 siswa atau 76,8% dari total 43 siswa. Jadi, secara klasikal (85% dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai ≥ 65) siswa kelas Vb SDN Mangli 01 Jember sudah mencapai ketuntasan nilai. Hal itu dapat di ketahui dari siklus kedua ketuntasan nilai (nilai ≥65) siswa telah mencapai 76,8% dari total 43 siswa. Selain hal tersebut dapat diketahui bahwa dalam tiap siklusnya kemampuan membaca puisi siswa mengalami peningkatan, misalnya dari siklus I ke siklus II jika dilihat dari jumlah siswa mengalami peningkatan sebanyak 13 siswa atau 30,2% dari total 43 siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut; (1) bagi guru-guru, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dan mengalami keberhasilan, agar dapat dijadikan sebagai salah satu solusi dalam mengatasi kesulitan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam materi membaca puisi, sebagai upaya dalam peningkatan hasil belajar siswa, (2) bagi sekolah, agar memberikan fasilitas atau media pembelajaran yang menunjang tercapainya pelaksanaan pembelajaran membaca puisi agar teknik pemodelan dapat berjalan lebih baik, (3) bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan hingga pada akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi banyak orang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7171
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository