Show simple item record

dc.contributor.authorRestu Widayu
dc.date.accessioned2013-12-10T02:41:39Z
dc.date.available2013-12-10T02:41:39Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM042210101058
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7165
dc.description.abstractKesehatan merupakan hak asasi manusia, karena itu setiap orang mempunyai hak untuk hidup layak, baik dalam kesehatan pribadi maupun keluarganya termasuk didalamnya mendapatkan pelayanan kesehatan. Dua macam tindakan yang seringkali dilakukan manusia ketika mengalami gangguan kesehatan yaitu pergi ke dokter atau pelaku kesehatan dan melakukan swamedikasi. Mutu pelayanan kesehatan akan menjadi lebih baik kalau masing-masing profesi kesehatan memberikan pelayanannya kepada pasien didasarkan pada standar profesi, etika dan norma masing-masing. Menurut undang-undang, pihak yang mempunyai kewenangan untuk menyelenggarakan pelayanan kefarmasian adalah farmasis. Paradigma pelayanan farmasi yang sekarang berkembang adalah pelayanan kefarmasian yang didasarkan pada filosofi “pharmaceutical care”, asuhan kefarmasian adalah tanggung jawab profesi dalam hal farmakoterapi dengan tujuan untuk mencapai keluaran yang dapat meningkatakan atau menjaga kualitas hidup pasien. Kepuasan pasien atau disebut sebagai kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dapat diukur dengan menggunakan lima dimensi penilaian yaitu bukti langsung (tangibles) yang dalam hal ini adalah meliputi kebersihan dan kenyaman ruang tunggu, ketanggapan (responsiveness) yang dalam hal ini adalah pelayanan kepada pasien dengan cepat dan tepat, kehandalan (reliability) yang dalam hal ini adalah pemberian informasi obat, jaminan (assurance) yang meliputi kemampuan memberikan kepercayaan dan kebenaran atas pelayan kepada pasien serta mencakup kelengkapan dan keterjangkuan harga obat, empati (empathy) yaitu kemampuan membina hubungan, yang dalam hal ini ditunjukkan oleh keramahan petugas apoteken_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries042210101058;
dc.subjectPelayanan Resepen_US
dc.titleKEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN RESEP DI INSTALASI FARMASI RSD dr. SOEBANDI JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record